Distribusi Keruangan dan Pengaruhnya Terhadap Permintaan Produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Kabupaten Gunungkidul
Pandu Arya Maradona, Dr. Evita Hanie Pangaribowo, S.E., M.IDEC.
2023 | Skripsi | GEOGRAFI DAN ILMU LINGKUNGAN
Kabupaten Gunungkidul memiliki potensi pasar untuk sektor makanan dan minuman jadi. Potensi tersebut terlihat dari rata-rata pengeluaran per kapita sebulan untuk sektor tersebut yang mencapai 25?ri rata-rata pengeluaran per kapita semua sektor di daerah ini. Perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan industri yang salah satunya bergerak di komoditas makanan dan minuman jadi, melihat ada potensi untuk perkembangan distribusi produknya di Kabupaten Gunungkidul. Kondisi ini didukung dengan tren industri FMCG yang selalu bertumbuh di Indonesia dari tahun 2019-2021. Tujuan pertama dari penelitian ini untuk melakukan analisis distribusi keruangan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Kabupaten Gunungkidul. Sementara itu, tujuan kedua dari penelitian ini yaitu melakukan analisis pengaruh transaksi toko dan kepadatan penduduk terhadap permintaan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian dilakukan dengan analisis tetangga terdekat untuk mengidentifikasi pola distribusi produk FMCG di Kabupaten Gunungkidul dan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui potensi permintaan yang digambarkan melalui penjualan produk FMCG di Kabupaten Gunungkidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola distribusi produk FMCG bersifat mengelompok pada area-area yang berdekatan dengan pusat kota dan jalan raya. Sedangkan, permintaan yang ada di Kabupaten Gunungkidul dipengaruhi oleh transaksi toko dan kepadatan penduduk.
Gunungkidul Regency has market potential for the processed food and beverage sector. This potential can be seen from the average monthly per capita expenditure for this sector, which reaches 25% of the average per capita expenditure of all sectors in this area. Fast Moving Consumer Goods (FMCG) companies, one of which is engaged in food and beverage commodities, see potential for the development of their product distribution in Gunungkidul Regency. This condition is supported by the trend of the FMCG industry which is always growing in Indonesia from 2019-2021. The first objective of this research is to analyze the spatial distribution of Fast Moving Consumer Goods (FMCG) products in Gunungkidul Regency. Meanwhile, the second objective of this research is to analyze the effect of store transactions and population density on the demand for Fast Moving Consumer Goods (FMCG) products in Gunungkidul Regency. The research was conducted using nearest neighbor analysis to identify the distribution pattern of FMCG products in Gunungkidul Regency and multiple linear regression analysis to determine the potential demand depicted through FMCG product sales in Gunungkidul Regency. The results show that the distribution pattern of FMCG products is clustered in areas close to the city center and highway. Meanwhile, the demand in Gunungkidul Regency is influenced by store transactions and population density.
Kata Kunci : Fast Moving Consumer Goods (FMCG), analisis tetangga terdekat, regresi, permintaan, distribusi