Narasi Kosmopolitanisme Parsial dalam Novel-Novel Perjalanan Indonesia ke Timur Tengah Pascareformasi: Analisis Travel Writing Menurut Debbie Lisle
Awla Akbar Ilma, Prof. Dr. Fadlil Munawwar Manshur, M.S. ; Dr. Sudibyo, M.Hum.
2023 | Disertasi | S3 Ilmu-ilmu Humaniora
Hubungan antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Timur Tengah yang sejauh ini dipandang dekat dan solider, ternyata penuh dengan persaingan dan superioritas/inferioritas. Gambaran demikian dibuktikan melalui narasi-narasi tekstual dalam novel-novel perjalanan Indonesia pada era pascareformasi ini. Penelitian ini menggunakan tujuh novel yang mewakili 4 motif utama perjalanan Indonesia ke Timur Tengah, yaitu ibadah, belajar, bekerja, dan wisata. Novel Ular Keempat (2005) mewakili motif perjalanan ibadah ke Arab Saudi, Ketika Cinta Bertasbih 1 (2007) dan Langit Cinta di Negeri Balqis (2015) mewakili motif perjalanan belajar ke Mesir dan Yaman, Pelukis Gurun Pasir (2018) dan Langit Mekah Berkabut Merah (2008) mewakili motif perjalanan bekerja di Arab Saudi, Ranah 3 Warna (2011) dan Api Tauhid (2014) mewakili motif perjalanan wisata ke Yordania dan Turki.
Berdasarkan teori sastra perjalanan menurut Debbie Lisle diketahui bahwa novel dengan empat motif di atas belum sepenuhnya menunjukkan relasi yang setara. Kasus demikian dalam penelitian ini disebut dengan istilah kosmopolitanisme yang bersifat parsial. Bukti dari fenomena tersebut ditunjukkan melalui keberadaan strategi bercerita novel yang masih berdasar pada perbandingan dan perbedaan sehingga menciptakan hierarki antartokoh maupun antarnegara. Pada dasarnya para tokoh telah berusaha untuk bersikap solider dengan hidup dalam kebersamaan, namun tidak berjalan konsisten. Para tokoh Indonesia masih menarasikan kekaguman-kekaguman, sekaligus juga merendahkan dan memposisikan diri sebagai lebih unggul terhadap masyarakat dan budaya Timur Tengah. Di samping itu, para tokoh Indonesia juga masih terlibat melakukan inferiorisasi terhadap kelompok masyarakat lain yang berkulit hitam, Barat, Yahudi, dan luar Jawa. Di antara empat motivasi ini, novel dengan motif ibadah memiliki kadar solidaritas yang paling tinggi. Antarjemaah dari berbagai negara ditunjukkan cenderung saling menghormati dan peduli.
Gambaran kompleks terhadap Timur Tengah
pada era pascareformasi demikian tidak bisa lepas dari sejumlah wacana
diskursif di luar teks sastra yang mempengaruhi. Kekaguman terhadap Timur
Tengah sebagai kawasan religius dipengaruhi oleh keberadaan buku, kitab, teks-teks
keagamaan, dan narasi besar Timur Tengah sebagai pusat Islam. Sementara narasi kesetaraan dalam perjalanan ibadah dipengaruhi oleh
wacana persaudaraan muslim global (ummah). Adapun wacana kekaguman dan
solidaritas tersebut berkontestasi dengan sejumlah wacana lain seperti
patriarki, rasialisme, etnosentrisme, perbedaan Timur-Barat dan dunia
pertama-dunia ketiga, serta fundamentalisme dan antiwahabi. Oleh karena itu,
secara umum Timur Tengah dipandang sebagai kawasan religius, namun tidak lebih
baik bahkan lebih buruk dari Indonesia. Timur Tengah merupakan pusat Islam,
namun sekaligus juga tidak identik dengan Islam.
The relationship
between Indonesia and the countries in the Middle East region, which so far has
been seen as close and solid, turns out to be full of competition and
superiority/inferiority. Such a picture is proven through textual narratives in
Indonesian travel novels in this post-reformation era. This study uses seven novels
which represent the 4 main motives of Indonesia's trip to the Middle East,
namely worship, study, work, and travel. The Ular Keempat novel (2005) represents the motif of a religious trip
to Saudi Arabia, When Ketika Cinta
Bertasbih 1 (2007) and Langit Cinta
di Negeri Balqis (2015) represents the motif of a study trip to Egypt and
Yemen, Pelukis Gurun Pasir (2018) and
Langit Mekah Berkabut Merah (2008)
represents the motive for work trips in Saudi Arabia, Ranah 3 Warna (2011) and Api
Tauhid (2014) represents the motive for travel to Jordan and Turkey.
Based on the
theory of travel literature according to Debbie Lisle, it is known that the
novel with the four motifs above has not fully shown an equal relationship.
Such cases in this study are referred to as partial cosmopolitanism. Evidence
of this phenomenon is shown through the existence of novel storytelling
strategies which are still based on comparisons and differences so as to create
hierarchies between characters and between countries. Basically the characters
have tried to be in solidarity by living in togetherness, but it has not been
consistent. The figures still narrate their admirations, as well as belittle
and position themselves as being superior to Middle Eastern society and
culture. In addition, Indonesian leaders are still involved in inferiorizing
other black, Western, Jewish and outside-Javanese groups in society. Among
these four motivations, novels with worship motifs have the highest levels of
solidarity. Inter congregations from various countries are shown to tend to
respect and care for each other.
A complex image of the Middle East in the
post-reformation era cannot be separated from a number of discourses outside of
literary texts that have influenced it. Admiration for the Middle East as a
religious region is influenced by the existence of books, scriptures, religious
texts and the narrative of Middle East as the center of Islam. Meanwhile, the
narrative of equality in the course of worship is influenced by the global
Muslim brotherhood (ummah) discourse.
The discourse of admiration and solidarity competes with a number of other
discourses such as patriarchy, racism, ethnocentrism, East-West differences and
first world-third world, as well as fundamentalism and anti-Wahabi. Therefore,
in general, the Middle East is seen as a religious region, but it is not better
or even worse than Indonesia. The Middle East is the center of Islam, but at
the same time it is not synonymous with Islam.
Kata Kunci : kosmopolitanisme parsial, perbedaan, Indonesia, Timur Tengah.