Laporkan Masalah

Hubungan Promosi Melalui Video Instagram Pada Keputusan Pembelian Produk Jasa Layanan Walking Tour Jogja Good Guide

Vira Mahdiya Zahra, Karlina Maizida, S.Psi., M.A.

2023 | Skripsi | PARIWISATA

Walking tour merupakan wisata ke tempat bersejarah, monumen serta tempat budaya yang dilakukan dengan berjalan kaki. Kegiatan wisata ini sering dianggap sebagai rekreasi olahraga karena melibatkan fisik ketika kegiatan ini berlangsung. Tujuan melakukan walking tour untuk mengetahui keunikan dan sejarah dari atraksi wisata sekaligus berolahraga. Kegiatan walking tour ditemani oleh seorang pemandu wisata yang berperan sebagai pencerita ketika walking tour berlagsung. Jogja Good Guide merupakan salah satu penyedia jasa layanan walking tour yang memiliki cukup banyak pengikut di Instagram karena gencar melakukan promosi melalui video promosi dalam bentuk reels Instagram. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada jasa layanan

walking tour, salah satunya adalah promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan promosi melalui video Instagram pada keputusan

pembelian produk jasa layanan walking tour Jogja Good Guide. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai

instrumen penelitian dalam memperoleh data dari 154 responden. Teknik analisis penelitian ini dilakukan dengan uji korelasi Rank Spearman menggunakan SPSS 26. Secara keseluruhan, hasil korelasi antara variabel promosi melalui video reels Instagram dengan variabel keputusan pembelian produk jasa layanan walking tour Jogja Good Guide yaitu memiliki korelasi atau berhubungan dengan sifat yang searah karena angka koefisien korelasi bersifat positif dan kekuatan hubungan dari keduabelas pasang indikator didominasi oleh kekuatan hubungan yang tergolong ”kuat”. 

Walking tour is a tour to historical sites, monuments and cultural sites made by walking. These tourist activities are often considered to be sports recreation because they involve physical activities when these activities take place. The goal of walking tour to know the uniqueness and history of the tourist attractions at the same time exercising. The walking tour activities are accompanied by a tour guide who acts as a storyteller when the walking tour takes place. Jogja Good Guide is one of the providers of walking tour services that has quite a lot of followers on Instagram because it promotes through promotional videos in the form of Instagram reels. There are several factors that influence the purchase decision on a walking tour service, one of which is promotion. The research aims to analyze the relationship of promotion through Instagram videos to the purchase decision of the product of the services of walking tour services. The study used quantitative methods using questionnaires as a research tool in obtaining data from 154 respondents. The study was conducted using the Spearman Rank correlation test using SPSS 26. In general, the result of the correlation between the variables of promotion through video reels Instagram with the variable of the decision of purchase of the product of the services of walking tour Go Good Guide that is to have a correlationship or relate to the nature of the direction because the number of the coefficient of the correspondence is positive and the strength of the relationship of the twelve sets of indicators dominated by the power of relationships belonging to "strong".

Kata Kunci : Walking Tour, Promosi, Keputusan Pembelian

  1. S1-2023-446315-abstract.pdf  
  2. S1-2023-446315-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-446315-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-446315-title.pdf