ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT-ATRIBUT YANG DIPENTINGKAN PADA PRODUK MI INSTAN SEHAT DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Jihan Anursa, Prof. Dr. Ir. Mochammad Maksum, M.Sc.; Dr. Atris Suyantohadi, S.T.P., MT.
2023 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
Banyaknya peminat produk mi instan memunculkan inovasi produk mi instan yang sehat. Meskipun diklaim lebih sehat, produk tersebut masih jarang diminati oleh konsumen. Hal tersebut menjadi tantangan bagi produsen untuk menyajikan produk yang diinginkan sehingga mampu memenuhi preferensi konsumen terhadap mi instan sehat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis atribut produk pada mi instan sehat yang dipentingkan oleh konsumen dan mengetahui kombinasi atribut yang disukai konsumen berdasarkan preferensinya.
Penelitian ini dilakukan di DIY dengan teknik purposive sampling dan digunakan sampel sebanyak 200. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan pengisian kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode konjoin dengan 8 kombinasi atribut. Output yang dihasilkan berupa nilai kegunaan dan nilai kepentingan pada tiap atribut produk mi instan sehat yang mempersepsikan preferensi konsumen.
Berdasarkan hasil penelitian atribut yang dipentingkan meliputi varian rasa, harga, label makanan, dan warna mi. Kombinasi atribut yang paling disukai oleh konsumen mi instan sehat yaitu, mi instan sehat dengan varian rasa original, memiliki harga diatas Rp 6.000, berlabel pangan organik, dan memiliki warna mi yang beragam dari ekstrak sayuran atau buah-buahan.
Kata Kunci : Mi Instan Sehat, Atribut, Analisis Konjoin