Laporkan Masalah

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT-ATRIBUT YANG DIPENTINGKAN PADA PRODUK MI INSTAN SEHAT DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jihan Anursa, Prof. Dr. Ir. Mochammad Maksum, M.Sc.; Dr. Atris Suyantohadi, S.T.P., MT.

2023 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Banyaknya peminat produk mi instan memunculkan inovasi produk mi instan yang sehat. Meskipun diklaim lebih sehat, produk tersebut masih jarang diminati oleh konsumen. Hal tersebut menjadi tantangan bagi produsen untuk menyajikan produk yang diinginkan sehingga mampu memenuhi preferensi konsumen terhadap mi instan sehat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis atribut produk pada mi instan sehat yang dipentingkan oleh konsumen dan mengetahui kombinasi atribut yang disukai konsumen berdasarkan preferensinya. 

Penelitian ini dilakukan di DIY dengan teknik purposive sampling dan digunakan sampel sebanyak 200. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan pengisian kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode konjoin dengan 8 kombinasi atribut. Output yang dihasilkan berupa nilai kegunaan dan nilai kepentingan pada tiap atribut produk mi instan sehat yang mempersepsikan preferensi konsumen. 

Berdasarkan hasil penelitian atribut yang dipentingkan meliputi varian rasa, harga, label makanan, dan warna mi. Kombinasi atribut yang paling disukai oleh konsumen mi instan sehat yaitu, mi instan sehat dengan varian rasa original, memiliki harga diatas Rp 6.000, berlabel pangan organik, dan memiliki warna mi yang beragam dari ekstrak sayuran atau buah-buahan. 

The large number of instant noodle product enthusiasts has led to healthy instant noodle product innovations. Although claimed to be healthier, these products are still rarely in demand by consumers. This is a challenge for producers to present the desired product so as to be able to meet consumer preferences for healthy instant noodles. This study aims to analyze the product attributes of healthy instant noodles that are important to consumers and to find out the combination of attributes that consumers like based on their preferences. 
This research was conducted in DIY with a purposive sampling technique and a sample of 200 was used. Data was collected using interviews and questionnaires. The collected data were then analyzed using the conjoint method with 8 combinations of attributes. The resulting output is in the form of use value and importance value for each attribute of healthy instant noodle products that perceive consumer preferences. 
Based on the results of the research, the attributes that are important include flavors, prices, food labels, and the color of the noodles. The combination of attributes most liked by consumers of healthy instant noodles is healthy instant noodles with original flavor variants, having a price above IDR 6,000, labeled as organic food, and having various noodle colors made from vegetable or fruit extracts. 

Kata Kunci : Mi Instan Sehat, Atribut, Analisis Konjoin

  1. S1-2023-410536-abstract.pdf  
  2. S1-2023-410536-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-410536-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-410536-title.pdf