PERAN FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI PENDORONG MINAT KUNJUNGAN KEMBALI WISATAWAN DI WATU TAPAK CAMP HILL
Ananda Aryaduta Prabanarawangsa, Mohammad Rachmadian Narotama, S.T., M.Sc., Ph.D.
2023 | Skripsi | PARIWISATA
Akomodasi merupakan tempat di mana wisatawan dapat menginap dan
beristirahat dengan fasilitas dan kualitas pelayanan yang baik. Karena pentingnya
sebuah akomodasi dalam menunjang wisata, beberapa atraksi wisata di Indonesia
mulai menyediakan akomodasi wisatanya sendiri. Akomodasi wisata pun makin
banyak jenisnya, salah satunya adalah camping ground. Seiring dengan
perkembangan bisnis akomodasi jenis ini, terdapat masalah berkaitan dengan
penurunan kunjungan wisatawan. Fenomena penurunan ini menjadi dasar
pengambilan topik penelitian oleh peneliti.
Menciptakan loyalitas pelanggan merupakan salah satu aspek penting dari
bisnis akomodasi. Penelitian ini menggunakan teori fasilitas oleh Tjiptono (2014)
dan kualitas pelayanan (SERVQUAL) yang dikemukakan oleh Tjiptono (2012).
Indikator fasilitas dan kualitas pelayanan ini akan dilihat pengaruhnya terhadap
minat kunjungan kembali wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap
minat kunjungan kembali wisatawan di Watu Tapak Camp Hill.
Penelitian ini dilakukan di salah satu camping ground yang ada di Daerah
Istimewa Yogyakarta yaitu Watu Tapak Camp Hill. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan dengan pendekatan cross-sectional
dan dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data meliputi uji
validitas dan reliabilitas instrumen, analisis deskriptif, analisis regresi linier
berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara dua variabel independen terhadap satu
variabel dependen. Aspek fasilitas ketersediaan aliran listrik dan aspek pelayanan
kebersihan dan kerapihan mendapatkan skor rata-rata tertinggi. Temuan ini dapat
dijadikan acuan oleh pengelola Watu Tapak Camp Hill untuk melakukan
peningkatan fasilitas dan kualitas pelayanan di Watu Tapak Camp Hill.
Accommodation is a place where tourists can stay and rest with good facilities
and service quality. Because of the importance of an accommodation in supporting
tourism, several tourist attractions in Indonesia began to provide their own tourist
accommodation. There are more and more types of tourist accommodation, one of
which is the camping ground. Along with the development of this type of
accommodation business, there are problems related to the decline in tourist visits.
This phenomenon of decline is the basis for taking research topics by researchers.
Creating customer loyalty is one of the important aspects of the
accommodation business. This research uses the theory of facilities by Tjiptono
(2014) and service quality (SERVQUAL) proposed by Tjiptono (2012). This
indicator of facilities and service quality will be seen by its influence on the interest
in returning tourists. The purpose of this study is to determine how much influence
facilities and service quality have on the interest of returning tourists at Watu Tapak
Camp Hill.
This research was conducted at one of the camping grounds in the Special
Region of Yogyakarta, namely Watu Tapak Camp Hill. The method used in this
study is a quantitative method with a cross-sectional approach and with a sample of
100 respondents. Data analysis includes instrument validity and reliability tests,
descriptive analysis, multiple linear regression analysis, and hypothesis tests. The
results of this study show that there is a positive and significant influence between
two independent variables on one dependent variable. Facilities aspect, electricity
availability, and service aspect of cleanliness and tidiness get the highest average
score. This finding can be used as a reference by the management of Watu Tapak
Camp Hill to improve facilities and service quality at Watu Tapak Camp Hill.
Kata Kunci : Camping ground, fasilitas, kualitas pelayanan, minat kunjungan kembali.