Analisis Tebal Perkerasan Lentur Runway Dengan Metode Empiris FAA, FAARFIELD, dan Defence Estates (Studi Kasus : Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar)
Fadlan Ashrofi, Ir. Latif Budi Suparma, M.Sc., Ph.D
2023 | Skripsi | TEKNIK SIPIL
Runway, sebagai salah satu elemen kritis
pada sebuah bandar udara, harus memiliki kekuatan yang baik demi menjamin
keamanan dan keandalan operasional bandara selama masa layan. Bandar Udara
Sultan Hasanuddin sebagai pintu masuk menuju Indonesia Timur dan juga bandara
embarkasi haji, tentu akan membutuhkan runway yang mampu menangani
pergerakan Oleh karena itu, runway bandara tersebut harus
dirancang untuk menjamin kriteria tersebut menggunakan metode rancang yang ada.
Dalam praktik yang dilakukan, terdapat beberapa metode perancangan yang umum
digunakan seperti metode yang diterbitkan Federal Aviation Administration (FAA)
serta metode yang diterbitkan Defence Estates. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis perancangan perkerasan lentur pada Bandar Udara Sultan
Hasanuddin menggunakan metode empiris FAA, FAARFIELD, serta Defence Estates,
dan memberikan evaluasi terhadap nilai PCN dari masing-masing metode.
Data yang diperlukan dalam
penelitian ini adalah berupa Data Sekunder yang disediakan oleh PT. Angkasa
Pura 1 berupa data lalu lintas pergerakan pesawat operasional. Analisis perancangan Runway dilakukan
dengan metode Empiris FAA, metode FAARFIELD, dan metode Defence Estates.
Evaluasi perancangan perkerasan dilakukan dengan menggunakan metode ACN/PCN.
Berdasarkan hasil analisis
kebutuhan tebal runway masing-masing perkerasan, diperoleh hasil
kebutuhan tebal perancangan untuk metode Empiris FAA adalah Surface Course 17
cm, Stabilized Base Course setebal 27 cm dan Stabilized Subbase
Course setebal 60 cm. Selanjutnya untuk metode FAARFIELD adalah Surface
Course setebal 17 cm, Hot Mix Asphalt Stabilized setebal 16 cm, Base
Course setebal 30 cm dan Subbase Course setebal 30 cm, serta untuk
metode Defence Estates dihasilkan perancangan dengan tebal Surface
Course sebesar 12,5 cm, tebal Base Course sebesar 45 cm dan tebal Subbase
Course setebal 65 cm. Nilai evaluasi Pavement Classification Number (PCN)
pada masing-masing metode adalah 100/F/C/X/T untuk metode Empiris FAA,
89/F/C/X/T untuk metode FAARFIELD, dan 100/F/C/X/T untuk metode Defence
Estates.
Runway, as a critical element of
an airport, must possess adequate strength to ensure safety and operational
reliability throughout its service life. Sultan Hasanuddin Airport, serving as
the gateway to Eastern Indonesia and a hajj embarkation airport, will undoubtedly
require a runway capable of accommodating aircraft movements. Therefore, the
airport's runway needs to be designed to meet these criteria using existing
design methods. In practice, several commonly utilized design methods exist,
such as those published by the Federal Aviation Administration (FAA) and
Defence Estates. This study aims to analyze the design of flexible pavement at
Sultan Hasanuddin Airport using the empirical methods of FAA, FAARFIELD, and
Defence Estates, and provide evaluations of the Pavement Classification Number
(PCN) values for each method.
The data required for this study consists of Secondary Data provided by
PT. Angkasa Pura 1, which
includes operational aircraft movement data. The Runway design analysis is
conducted using the empirical methods of FAA, FAARFIELD, and Defence Estates.
The evaluation of pavement design is performed using the ACN/PCN method.
Based on the analysis of the thickness requirements for each pavement
design, the following design thickness requirements were obtained: for the
empirical FAA method, the design thickness requirements are 17 cm for the
Surface Course, 27 cm for the Stabilized Base Course, and 60 cm for the
Stabilized Subbase Course. For the FAARFIELD method, the design thickness
requirements are 17 cm for the Surface Course, 16 cm for the Hot Mix Asphalt
Stabilized layer, 30 cm for the Base Course, and 30 cm for the Subbase Course.
Furthermore, the Defence Estates method yields a design with a Surface Course
thickness of 12.5 cm, a Base Course thickness of 45 cm, and a Subbase Course
thickness of 65 cm. The evaluation values of the Pavement Classification Number
(PCN) for each method are 100/F/C/X/T for the empirical FAA method, 89/F/C/X/T
for the FAARFIELD method, and 100/F/C/X/T for the Defence Estates method.
Kata Kunci : Runway, Metode Empiris FAA, FAARFIELD, Metode Defence Estates, Metode ACN/PCN