ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP LAYANAN TRANSAKSI BANK JATIM SIPANDAI (Studi Kasus Bank Jatim SiPandai di Kabupaten Nganjuk)
Vinna Oktaviana Sulistyanik, Dr. Agusta Ika Prihanti, S.E, M.B.A
2023 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN
Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi pengguna terhadap layanan transaksi SiPandai, serta mengetahui pandangan atau sudut pandang dari sisi agen terhadap fenomena tersebut. Persepsi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, persepsi kepercayaan, persepsi manfaat, persepsi keamanan, persepsi kemudahan dan persepsi risiko. Desain penelitian yang digunakan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan didukung dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ada 2, yaitu primer yang berasal dari kuisioner dan wawancara serta sekunder dari penelitian-penelitian sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan pengumpulan kuisioner. Kuisioner yang disebarkan terdiri dari 2 jenis, berupa online dan offline. Wawancara dilakukan secara offline dan online. Populasi yang digunakan adalah pengguna layanan transaksi SiPandai di Kabupaten Nganjuk yang pernah melakukan transaksi dalam setahun terakhir. Pengampilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, namun hanya 77 yang memenuhi kualifikasi dan terdapat 4 narasumber yang diwawancarai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis angka indeks three method, uji validitas dan reliabilitas, mean, modus, dan median. Item pernyataan yang digunakan dianggap valid dan reliabel. Mean, modus dan median mayoritas sebesar 4. Berdasarkan perhitungan three box method diketahui bahwa layanan transaksi SiPandai memiliki citra yang sangat positif dan baik. Pengguna memiliki persepsi kepercayaan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan yang sangat baik dan tinggi. Pengguna memiliki persepsi risiko yang rendah. Melalui wawancara, terdapat keluhan dikarenakan sistem yang terkadang error, maintenance yang tidak adanya pemberitahuan, dan notifikasi yang delay. Sehingga diperlukan perbaikan sistem dan manajemen risiko yang lebih baik.
This study aims to determine user perceptions of
SiPandai transaction services, as well as to find out the views or points of
view from the agent's side of the phenomenon. The perceptions used in this
study are perceived trust, perceived benefits, perceived security, perceived
convenience and perceived risk. The research design used uses a quantitative
approach method and is supported by a qualitative approach. There are 2 data
sources used, namely primary derived from questionnaires and interviews and
secondary from previous studies. The data collection techniques used are
interviews and questionnaire collection. The questionnaires distributed
consisted of 2 types, in the form of online and offline. Interviews were
conducted offline and online. The population used is users of SiPandai
transaction services in Nganjuk Regency who have made transactions in the past
year. Sample selection uses nonprobability sampling techniques and uses
purposive sampling methods. The number of samples used was 100 respondents, but
only 77 met the qualifications and there were 4 interviewees. The data analysis
techniques used are descriptive statistical analysis, three method index number
analysis, validity and reliability tests, mean, mode, and median. The statement
items used are considered valid and reliable. Based on the calculation of the
three box method, it is known that the SiPandai transaction service has a very
positive and good image. Users have very good and high perceptions of trust,
perceived benefits, perceived convenience, and perceived security. Users have a
low perception of risk. Through interviews, there are complaints due to systems
that sometimes error, maintenance that is not notified, and delayed
notifications. So that system improvements and better risk management are
needed.
Kata Kunci : Kata kunci: SiPandai, Layanan Transaksi, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko