Pengaruh Musik Idol Group dalam Dunia Sastra: Analisis Hegemoni Terhadap Novel The Most Beautiful Moment in Life The Notes 1
Maulita Ridha Hafshah, Prof. Dr. Ida Rochani Adi, S.U.
2023 | Tesis | S2 Sastra
Transformasi suatu produk populer kerap kali dilakukan oleh produsen dengan tujuan meraup keuntungan sebesar-besarnya agar dapat tetap menjaga kepopularitasan. Hal tersebut terjadi pada boy group BTS yang merupakan sekelompok idol asal Korea Selatan yang berkarya dalam bidang musik, namun agensi mereka, yaitu Big Hit Entertainment—berubah nama menjadi HYBE Corporation—menciptakan sebuah novel yang berjudul The Most Beautiful Moment in Life: The Notes 1 dengan menghadirkan mereka sebagai para tokohnya ke dalam alur cerita fiktif dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterkaitan antara boy group BTS dengan novel The Most Beautiful Moment in Life: The Notes 1, serta alasan dari agensi HYBE Corporation menciptakan novel tersebut berdasarkan boy group BTS. Untuk mengungkap dua pertanyaan penelitian tersebut, penelitian ini bersifat induktif dan kualitatif dengan menggunakan teori Raymond WIlliams tentang ideologi dan hegemoni, serta Stuart Hall tentang encoding/decoding. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa BTS selaku boy group populer memiliki ideologi mereka sendiri, yaitu ideologi "BTS." Ideologi tersebut menjadi terhegemoni oleh ARMY selaku penggemar, sehingga novel tersebut hanyalah salah satu dari pijakan dari Bangtan Universe. Bangtan Universe merupakan sebuah teori ciptaan penggemar yang menjadi bentuk hegemoni baru berdasarkan ideologi "BTS."
Transformation of popular product is frequently conducted by producers with the aim of gaining as much profit as possible in order to maintain popularity. This happened to the boy group BTS, which is a group of idols from South Korea who produce music, but their agency, Big Hit Entertainment—renamed HYBE Corporation—created a novel entitled The Most Beautiful Moment in Life: The Notes 1 by portraying them as characters in the novel's fictional storyline. This study aims to examine the relationship between the boy group BTS and the novel The Most Beautiful Moment in Life: The Notes 1, as well as the reason why the agency HYBE Corporation created the novel base on the boy group BTS. To identify the two research questions, this study is an inductive and qualitative study using Raymond William's theories of ideology and hegemony, also Stuart Hall's encoding/decoding. The results of this study revealed that BTS as a popular boy group has their own ideology, that is, "the BTS ideology." The ideology is hegemonized by ARMY as fans, so the novel is just one of the foundations of the Bangtan Universe. The Bangtan Universe is a fan-created theory that becomes a new form of hegemony based on "the BTS ideology."
Kata Kunci : BTS, Hegemoni, Ideologi, Populer, K-Pop