Laporkan Masalah

KARMA DALAM NOVEL PANGGUNG KARYA ARI PURNOMO KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Novricha Yogha Sriwulan, Dra. Wiwien Widyawati Rahayu, M.A.

2023 | Skripsi | SASTRA NUSANTARA

Penelitian ini menggunakan novel Panggung karya Ari Purnomo sebagai 

objek material dan kajian semiotika Roland Barthes sebagai objek formal. Novel 

ini menggambarkan kehidupan di dunia panggung. Novel ini juga disertai dengan 

fakta-fakta bagaimana kehidupan dunia panggung, baik di luar maupun di dalam 

panggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan makna denotasi, konotasi 

dan mitos karma yang ada dalam novel Panggung. 

Kajian semiotika Roland Barthes digunakan untuk menganalisis novel 

Panggung. Kajian ini digunakan untuk menguraikan makna denotasi sebagai tahap 

pertama signifikasi dan mengungkap mitos karma sebagai isi dari bentuk konotasi. 

Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data 

yang digunakan adalah teknik baca dan catat.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kehidupan di 

dunia panggung tidak ada bedanya dengan kehidupan di dunia nyata. (2) fakta-fakta 

dunia panggung yang digambarkan dalam novel Panggung sangat berkaitan dengan 

kehidupan di dunia nyata. Fakta-fakta ini diungkapkan melalui makna denotasi 

yang ditunjukkan oleh tuturan pengarang atau tindakan yang dilakukan para tokoh 

dalam novel Panggung. (3) nasihat mengenai mitos karma yang diuraikan 

menggunakan bahasa yang tidak secara eksplisit diungkapkan melalui makna 

konotasi.

The study used the novel Panggung by Ari Purnomo as a material object 

and Roland Barthes’s studies of semiotics as a formal object. The novel depicts life 

in the stage world. The novel is also accompanied by facts about how the world of 

stage life lives both outside and inside the stage. This study aims to reveal the 

meaning of denotation, connotation, and the myth of karma in the novel Panggung.

Roland Barthes’s semiotic studies were used to analyze the novel 

Panggung. This study is used to elaborate on the meaning of denotation as the first 

stage of dignification and to unravel the myth of karma as the content of the 

connotation form. The study used a qualitative descriptive method. The data 

collection techniques used are reading and note-taking techniques.

From the results of the study, it was found that: (1) life in the stage world is 

no different from life in the real world. (2) The facts of the stage world depicted in 

the novel Panggung are closely related to life in the real world. These facts are 

expressed through the meaning of the denotation indicated by the author’s speech 

or the actions taken by the characters in the novel Panggung. (3) The advice of the 

karma myth is described using language not explicitly expressed through 

connotational meanings.

Kata Kunci : Panggung, semiotika Roland Barthes, denotasi, konotasi, mitos karma

  1. S1-2023-446363-abstract.pdf  
  2. S1-2023-446363-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-446363-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-446363-title.pdf