Museum Kretek merupakan salah satu atraksi wisata yang ada di Kabupaten Kudus. Museum ini cukup banyak dikunjungi wisatawan khususnya wisatawan nusantara pada hari libur. Banyaknya wisatawan yang datang ke Museum Kretek belum dapat memastikan bahwa wisatawan yang datang merasa puas dengan atraksi wisata yang ditawarkan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan nusantara yang berkunjung ke Museum Kretek, maka dilakukan penelitian tentang kepuasan wisatawan nusantara terhadap atraksi wisata Museum Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kuesioner dengan dua tipe pertanyaan, tertutup dan terbuka, akan diberikan kepada 100 responden. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.
Hasil yang didapat dari survei kepuasan wisatawan nusantara terhadap atraksi wisata Museum Kretek, yaitu lebih dari tujuh puluh persen wisatawan merasa puas dengan atraksi wisata yang ditawarkan. Wisatawan merasa puas pada penyajian pameran koleksi yang dapat memberikan gambaran tentang sejarah kretek dan proses produksi hingga pemasaran kretek. Dua puluh persen wisatawan yang merasa tidak puas sebagian besar dikarenakan penyajian pameran koleksi yang monoton dan kurang interaktif. Wisatawan menginginkan penyajian pameran koleksi yang menarik, interaktif, dan memiliki unsur modern seperti penyajian informasi koleksi menggunakan video ilustrasi. Tingkat kepuasan wisatawan nusantara terhadap atraksi wisata Museum Kretek sudah tinggi, hal ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan mempertimbangkan pendapat wisatawan nusantara yang merasa tidak puas dengan penyajian atraksi wisata yang ditawarkan.
Kata kunci : Atraksi Wisata, Museum Kretek, Kepuasan Wisatawan
The Kretek Museum is one of the tourist attractions in Kudus Regency. This museum is visited by quite a lot of tourists, especially domestic tourists on holidays. The large number of tourists who come to the Kretek Museum cannot ensure that tourists who come are satisfied with the tourist attractions on offer. To find out domestic tourist satisfaction, research was conducted on the satisfaction of domestic tourists with the tourist attractions of the Kretek Museum. This research is descriptive research with a quantitative approach. A questionnaire with two types of questions closed and open, will be given to 100 respondents. Sampling in this study used a purposive sampling method.
The results of the domestic tourist satisfaction survey on the tourist attractions of the Kretek Museum, more than seventy percent of tourists were satisfied with the tourist attractions offered. Tourists are satisfied with the presentation of the collection exhibition which can provide an overview of the history of kretek and the production process to the marketing of kretek. Twenty percent of tourists feel dissatisfied due to the presentation of the collection exhibition which is monotonous and less interactive. Tourists want collection exhibitions that are interesting, interactive, and have modern elements such as presenting collection information using video illustrations. The level of domestic tourist satisfaction is already high, this needs to be maintained and increased by taking into account the opinions of domestic tourists who are dissatisfied with the offerings of the tourist attractions offered.
Keywords: Tourist Attractions, Kretek Museums, Tourist Satisfaction
Kata Kunci : Atraksi Wisata, Museum Kretek, Kepuasan Wisatawan