Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Kopi di Kedai Kopi Kabupaten Wonogiri
Rafika Andryani Nasution, Prof. Dr. Ir. Masyhuri ; Prof. Dr. Jamhari, S.P., M.P.
2023 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)
Peningkatan fenomena bisnis kedai kopi menimbulkan persaingan yang
kompetitif. Untuk dapat bersaing, kedai kopi perlu memahami perilaku
konsumennya. Atribut yang melekat pada kopi dan berbagai faktor memengaruhi
pengambilan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui atribut kopi yang memengaruhi keputusan konsumen
dalam pembelian kopi di kedai kopi Kabupaten Wonogiri, (2) mengetahui atribut
kopi yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian kopi
di kedai kopi Kabupaten Wonogiri, dan (3) mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian kopi di kedai kopi Kabupaten
Wonogiri. Penelitian dilakukan di dua kedai kopi Kabupaten Wonogiri yang
ditentukan secara purposive sampling. Jumlah responden sebanyak 100
orang yang dipilih secara convenience sampling. Metode yang digunakan
untuk menganalisis data adalah Cochran’s Q Test, Analisis Multiatribut Fishbein,
dan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
atribut rasa, varian rasa, suasana, dan fasilitas sebagai atribut yang
memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian kopi di kedai kopi. Atribut rasa
merupakan atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan
pembelian kopi di kedai kopi. Adapun faktor yang berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian kopi di kedai kopi adalah faktor budaya
dan faktor psikologis.
The increase in the coffee shop business raises
competitive competition. To be able to compete, coffee shops need to understand
consumer behavior. Attributes attached to coffee and various factors influence
consumer purchasing decisions. This study aims to (1) determine the coffee
attributes that influence consumer decisions in purchasing coffee at Wonogiri
Regency's coffee shops, (2) to determine the most considered coffee attributes
by consumers in coffee purchase decisions at Wonogiri Regency's coffee shops,
(3) and to determine the factors that influence consumer decisions in
purchasing coffee at Wonogiri Regency's coffee shops. The study was conducted
at two coffee shops in Wonogiri Regency, determined by purposive sampling. The
number of respondents is 100 people selected by convenience sampling. The
methods used to analyze the data are Cochran's Q Test, Fishbein Multiattribute
Analysis, and Multiple Linear Regression Analysis. The result of the study
shows that the attributes of taste, taste variants, atmosphere, and facilities
influence consumer decisions in purchasing coffee at coffee shops. The taste
attribute is the most considered attribute by consumers in purchasing coffee at
coffee shops. The factors that have a positive and significant influence on the
decision to purchase coffee at a coffee shop are cultural factors and
psychological factors.
Kata Kunci : kopi, kedai kopi, atribut, perilaku konsumen, keputusan pembelian