Laporkan Masalah

Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis dan Konsumsi Etis terhadap Keputusan Mahasiswa Akuntansi FEB UGM dalam Mengonsumsi Makanan Cepat Saji dengan Sustainable Food Packaging

Karin Puspaungu Devia Pramesti, Vogy Gautama Buanaputra, S.E., M.Sc., Ph.D., AFHEA

2023 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen pendidikan etika bisnis, konsumsi etis, dan jenis kelamin terhadap variabel dependen keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis dalam mengonsumsi produk makanan cepat saji dengan sustainable food packaging. Data primer yang dimanfaatkan dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara daring menggunakan Google Form. Dengan metode purposive sampling, penelitian ini mengikutsertakan 100 mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada angkatan 2019, 2020, 2021 dan 2022 yang sedang atau telah mengambil mata kuliah etika bisnis maupun belum mengambil mata kuliah etika bisnis sebagai sampel penelitian. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan metode regresi liner berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian mengindikasi bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Dengan demikian, hasil dari penelitian dapat dijadikan sebagai referensi bagi perusahaan khususnya di industri makanan cepat saji untuk lebih mempertimbangkan aspek sustainability dalam praktik bisnisnya. Tidak hanya itu, institusi pendidikan juga dapat menggunakan hasil penelitian sebagai acuan untuk mengembangkan pendidikan etika kepada mahasiswanya.

The purpose of this quantitative study is to determine the influence of the independent variables of business ethics education, ethical consumption, and gender on the dependent variable of purchasing decisions of students coming from the Faculty of Economics and Business in consuming fast food with sustainable food packaging. The primary data used for this study was collected by distributing questionnaires online using the Google Form. Using a purposive sampling method, this study included 100 Bachelor of Accounting students at the Faculty of Economics and Business, Gadjah Mada University class 2019, 2020, 2021, and 2022 who have taken, are taking, and have yet to take the business ethics courses as research samples. To test the research hypotheses, the research data was analyzed using the multiple linear regression methods. According to the results of the study, all independent variables had a positive and significant effect on the dependent variable. The results of this study can be used as a reference for businesses, particularly those in the fast food industry, to consider additional aspects of sustainability in their business practices. Furthermore, educational institutions can also use research results to develop ethics education for their students.

Kata Kunci : Pendidikan Etika Bisnis, Konsumsi Etis, Gender, Makanan Cepat Saji, Sustainable Food Packaging, Keputusan Pembelian

  1. S1-2023-441378-abstract.pdf  
  2. S1-2023-441378-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-441378-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-441378-title.pdf