Laporkan Masalah

Pengaruh Fitur Gamifikasi Terkait Pencapaian Terhadap Keterikatan Merek: Studi Pada Aplikasi Komunitas Merek

Mashur Naufal Hamid, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc

2023 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMEN

Studi ini menguji persepsi konsumen terhadap fitur gamifikasi yang berkaitan dengan pencapaian, ekspresi diri, interaktivitas, konstrual-diri interdependen, dan keterikatan merek di antara pengguna aplikasi komunitas merek Xiaomi (MiCommunity). Selain itu, studi ini juga bertujuan untuk menguji peran mediasi ekspresi diri dan interaktivitas dalam hubungan antara fitur gamifikasi yang berkaitan dengan keterlibatan merek serta peran moderasi konstrual diri interdependen.

 

Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei sebagai metode pengumpulan data. Survei dilakukan melalui kuesioner online dengan teknik sampling purposif. Responden dalam studi ini adalah 300 pengguna aplikasi komunitas merek Xiaomi. Pengujian hipotesis dalam studi ini menggunakan metode Structural Equations Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS), yang diproses menggunakan Smart-PLS.

 

Hasil studi ini menunjukkan bahwa fitur gamifikasi yang berkaitan dengan pencapaian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ekspresi diri, interaktivitas, dan keterikatan merek. Selain itu, interaktivitas dan ekspresi diri juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan merek. Kemudian, pengujian mediasi juga menunjukkan bahwa fitur gamifikasi yang berkaitan dengan pencapaian memiliki pengaruh positif terhadap keterlibatan merek yang dimediasi oleh ekspresi diri dan interaktivitas. Namun, variabel konstrual diri interdependen tidak menunjukkan peran moderasi dalam studi ini.

This study examines consumer perceptions of gamification features related to achievement, self-expression, interactivity, interdependent self-construction, and brand engagement among users of the Xiaomi brand community application (MiCommunity). In addition, this study also proposes to examine the mediating role of self-expression and interactivity in the relationship between gamification features related to brand engagement and the moderating role of interdependent self-construal.

This study uses a quantitative approach with a survey as a data collection method. The survey was conducted through an online questionnaire with a purposive sampling technique. Respondents in this study were 300 users of the Xiaomi brand community application. Hypothesis testing in this study used the Structural Equations Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) method, which was processed using Smart-PLS.

The results of this study indicate that gamification features related to achievement have a positive and significant effect on self-expression, interactivity, and brand engagement. In addition, interactivity and self-expression also positively and significantly affect brand engagement. Then the mediation test also shows that gamification features related to achievement positively affect brand engagement mediated by self-expression and interactivity. In contrast, the interdependent self-construal variable does not show a moderating role in this study.

Kata Kunci : Fitur gamifikasi terkait pencapaian, Ekspresi diri, Interaktivitas, Konstrual-diri interdependen, Keterikatan merek, Teori determinasi diri.

  1. S2-2023-452880-abstract.pdf  
  2. S2-2023-452880-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-452880-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-452880-title.pdf