Peran Instagram bagi Museum UGM
Dymas Aryan Unggul Pradana, Dr. Mimi Savitri, M.A.
2023 | Skripsi | ARKEOLOGI
Museum UGM merupakan sebuah museum universitas yang terletak di dalam kawasan kampus UGM, tepatnya di Kompleks Bulaksumur, Sleman, D.I. Yogyakarta. Keistimewaan yang ditonjolkan dalam museum ini yaitu menyajikan berbagai koleksi berkaitan dengan informasi yang menunjukkan nilai-nilai UGM sebagai salah satu universitas negeri tertua dan terbesar di Indonesia. Museum UGM memiliki akun Instagram resmi yang dapat diakses di @museumugm. Selama tahap observasi awal, diketahui bahwa unggahan dari akun Instagram Museum UGM didominasi oleh konten yang berisi ucapan selamat seperti saat memperingati suatu hari raya. Konten lain yang berkaitan dengan informasi koleksi menjadi tertutup oleh konten ucapan tersebut. Adapun pengunjung yang datang ke Museum UGM pada tahap observasi hanya terdapat beberapa pengunjung. Berdasarkan paparan di atas, maka penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian yang berkaitan dengan peran dari Instagram bagi Museum UGM. Penelitian ini dirasa untuk mengetahui peran utama dari media sosial Instagram bagi Museum UGM.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap penarikan kesimpulan. Pada tahap pengumpulan data terbagi menjadi dua sumber data yaitu sumber data primer yang terbagi lagi menjadi tahap wawancara, tahap wawancara, tahap kuesioner, tahap survei lokasi, dan dokumen data pengunjung Museum UGM. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari studi pustaka. Kemudian, pada tahap analisis data dilakukan dengan cara reduksi data dan penyajian data dalam penelitian dengan metode kualitatif dilakukan dengan memakai tabel, grafik, dan lain hal sebagainya. Tahap terakhir dalam penelitian ini merupakan tahap penarikan kesimpulan. Tahap ini merupakan hasil penelitian untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang berdasarkan pada hasil dari tahap analisis data
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Instagram Museum UGM memiliki peran sebagai media promosi bagi Museum UGM. Selain itu, penggunaan Instagram sebagai media promosi Museum UGM juga berperan dalam menjangkau generasi muda untuk mengetahui Museum UGM. Hal tersebut dilihat dari hasil insight akun Instagram @museumugm dengan rentang usia 25-34 tahun dengan 35,5?n diikuti oleh rentang usia 18-24 tahun dengan 29,9%. Walau pada observasi awal ditemukan bahwa konten yang diunggah di Instagram Museum UGM didominasi oleh konten ucapan seperti peringatan hari raya, tetapi berdasarkan hasil kuesioner para responden mengungkapkan bahwa Instagram Museum UGM berperan sebagai media promosi bagi Museum UGM.
The UGM Museum is a university museum located within the UGM campus area, precisely in the Bulaksumur complex, Sleman, D.I. Yogyakarta. The specialty highlighted in this museum is to present various collections related to information that shows UGM's values as one of the oldest and largest state universities in Indonesia. The UGM Museum has an official Instagram account that can be accessed at @museumugm. During the initial observation stage, it is known that the upload of the Instagram account of the UGM Museum is dominated by content that contains congratulations such as when commemorating a holiday. Other content related to collection information is closed by the greeting content. As for visitors who come to the UGM Museum at the observation stage there are only a few visitors. Based on the explanation above, research conducted by the author is a study related to the role of Instagram in the UGM Museum. This research is felt to determine the main role of Instagram social media for the UGM Museum.
This study uses a qualitative method consisting of three stages, namely the data collection stage, the data analysis stage, and the drawing stage of conclusions. The data collection stage is divided into two data sources, namely primary data sources which are further divided into interviews, interview phase, questionnaire stage, location survey phase, and data documents for UGM museum visitors. While secondary data sources are obtained from literature studies. Then, the data analysis stage is carried out by reducing data and data presentation in research with qualitative methods is carried out using tables, graphs, and so forth. The last stage in this study is the stage of conclusion. This stage is the result of research to answer the formulation of research problems based on the results of the data analysis stage
The results of this study indicate that the Instagram social media of the UGM Museum has a role as a promotional media for the UGM Museum. In addition, the use of Instagram as a medium for promoting the UGM Museum also plays a role in reaching the younger generation to find out about the UGM Museum. This is seen from the results of the Instagram account @museumugm account with an age range of 25-34 years at 35.5% and followed by the age range of 18-24 years at 29.9%. Although the initial observations found that the content uploaded on the Instagram Museum of the UGM was dominated by greeting content such as holiday commemoration, based on the results of the questionnaire the respondents revealed that the Instagram Museum UGM played the role of a promotional media for the UGM Museum.
Kata Kunci : Instagram, Strategi Promosi Museum, Museum UGM