Penerapan Sistem Pendaftaran Online Pasien Baru Rawat Jalan di Rumah Sakit Kanker Dharmais
Fitriany Dwiandari Putri, dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes, PhD, Dr. dr. Rina K. Kusumaratna, M.Kes
2023 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Latar belakang: Sistem pendaftaran online pasien baru rawat jalan merupakan
suatu sistem yang dibangun RS Kanker Dharmais dengan tujuan meningkatkan mutu
pelayanan rumah sakit. Namun penerapan sistem pendaftaran online pasien baru rawat jalan di Rumah Sakit Kanker Dharmais belum
optimal dijalankan. Evaluasi dalam sistem informasi salah satunya dengan metode Technology Acceptance Model (TAM).
Tujuan: Evaluasi penerapan dan mengembangkan sistem pendaftaran online pasien baru rawat jalan di Rumah
Sakit Kanker Dharmais.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain
action research. Pengambilan sampel
informan dilakukan dengan teknik non
probabilistic atau purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara mendalam pra-intervensi dan pasca intervensi kepada informan.
Penelitian ini menggunakan metode TAM. Analisis data kualitatif menggunakan
analisis sistematik.
Hasil : Terdapat 13 informan pada tahap pra-intervensi dan 8 orang
pada tahap pasca intervensi. Hasil wawancara menghasilkan 6 tema meliputi peran
tim manajemen dan pengembang, kemanfaatan sistem, kemudahan sistem, kendala
sistem, ide perbaikan dan perilaku pengguna. Peran manajemen dan tim pengembangan menciptakan efektifitas penggunaan
sistem dan melakukan monitoring evaluasi serta pengembangan secara berkelanjutan.
Aspek kemanfaatan sistem ini bertujuan untuk mempermudah, mempersingkat waktu
serta membantu setiap petugas agar efektif dalam pelayanan dan dari hasil pasca
intervensi didapatkan sudah lebih efektif. Aspek kemudahan pada pra-intervensi
penggunaan sistem pendaftaran masih sulit karena banyak yang harus diisi,
unggah berkas, dan belum ada informasi pengingat pasien. Hasil pasca-intervensi
didapatkan lebih mudah setelah perbaikan pada fitur isian data pasien dan
adanya notifikasi untuk pengingat pasien. Aspek kendala sistem, sistem ini masih
berbasis website dan jawaban belum otomatis. Aspek ide perbaikan, mengubah
sistem menjadi basis aplikasi dan jadwal praktik Dokter yang terintegrasi
dengan SIRS. Aspek perilaku pengguna, sikap terhadap penggunaan sistem sudah baik.
Kesimpulan: Hasil evaluasi dan pengembangan sistem pendaftaran online pasien baru rawat jalan sudah mulai terlaksana dengan baik. Sistem mudah digunakan baik dari segi petugas maupun pasien. Perlu beberapa perbaikan untuk meningkatkan kemudahan serta integrasi dengan sistem informasi rumah sakit, sehingga dapat mempercepat pelayanan dan kepuasan pasien meningkat.
Kata kunci : evaluasi,
pendaftaran online, rawat jalan, technology acceptance model
Background: The
Dharmais Cancer Hospital developed the online registration sistem for new
outpatients with the goal of improving the quality of hospital services.
However, the Dharmais Cancer Hospital's online registration system for new
outpatient new patients has not been implemented optimally. An assessment is
required to evaluate the implementation of an information sistem. The
Technology Acceptance Model (TAM) is one of the evaluation methods used in
information sistems.
Objective : To assess the implementation
and development of an online registration system for new outpatients at
Dharmais Cancer Hospital.
Method: A qualitative action research
was conducted at the Dharmais Cancer Hospital from October 2022 to January
2023. The purposive sampling is used to sample informants. To collect data, TAM
methods were used to conduct in-depth interviews with informants both before
and after the intervention. Qualitative data were analyzed by systematic analysis.
Results : There were 13 informants at the
pre-intervention stage and 8 informants at the post-intervention stage. The
interviews yielded six themes: management and developer team roles, system
benefits, system convenience, system constraints, improvement ideas, and user
behavior. The management and development team’s role is to determine the
effectiveness of using the system and continuously monitor its evaluation and
development.
The usefulness aspect of this system aims to simplify, shorten time,
and assist each officer in being more effective in service, and from the
post-intervention results show that it is more effective. The convenience
aspect of using the registration system for pre-intervention is still difficult
because there is a lot to fill out and upload files, and there is no patient
reminder information. Improvements to the patient data entry feature and
notifications for patient reminders have made it easier to obtain
post-intervention results. In terms of sistem constraints, this system remains website-based,
and the responses are not automated. One aspect of improvement ideas is to
integrate the system with an application base and a doctor's practice schedule.
Aspects of user behavior and attitude towards system use are good.
Conclusion : The evaluation and
development of the online registration system for new outpatients has begun to
produce positive results. The system is simple to use for both staff and
patients. Some enhancements are required to improve convenience and integration
with hospital information systems in order to improve service and patient
satisfaction.
Keywords : evaluation, online registration, outpatient care, technology acceptance
model
Kata Kunci : evaluasi, pendaftaran online, rawat jalan, technology acceptance model