Laporkan Masalah

Penerapan Sistem Pendaftaran Online Pasien Baru Rawat Jalan di Rumah Sakit Kanker Dharmais

Fitriany Dwiandari Putri, dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes, PhD, Dr. dr. Rina K. Kusumaratna, M.Kes

2023 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar belakang:  Sistem pendaftaran online pasien baru rawat jalan merupakan suatu sistem yang dibangun RS Kanker Dharmais dengan tujuan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Namun penerapan sistem pendaftaran online pasien baru rawat jalan di Rumah Sakit Kanker Dharmais belum optimal dijalankan. Evaluasi dalam sistem informasi salah satunya dengan metode Technology Acceptance Model (TAM).

 

Tujuan: Evaluasi penerapan dan mengembangkan sistem pendaftaran online pasien baru rawat jalan di Rumah Sakit Kanker Dharmais.

 

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain action research. Pengambilan sampel informan dilakukan dengan teknik non probabilistic atau purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam pra-intervensi dan pasca intervensi kepada informan. Penelitian ini menggunakan metode TAM. Analisis data kualitatif menggunakan analisis sistematik.

 

Hasil : Terdapat 13 informan pada tahap pra-intervensi dan 8 orang pada tahap pasca intervensi. Hasil wawancara menghasilkan 6 tema meliputi peran tim manajemen dan pengembang, kemanfaatan sistem, kemudahan sistem, kendala sistem, ide perbaikan dan perilaku pengguna. Peran manajemen dan tim pengembangan menciptakan efektifitas penggunaan sistem dan melakukan monitoring evaluasi serta pengembangan secara berkelanjutan. Aspek kemanfaatan sistem ini bertujuan untuk mempermudah, mempersingkat waktu serta membantu setiap petugas agar efektif dalam pelayanan dan dari hasil pasca intervensi didapatkan sudah lebih efektif. Aspek kemudahan pada pra-intervensi penggunaan sistem pendaftaran masih sulit karena banyak yang harus diisi, unggah berkas, dan belum ada informasi pengingat pasien. Hasil pasca-intervensi didapatkan lebih mudah setelah perbaikan pada fitur isian data pasien dan adanya notifikasi untuk pengingat pasien. Aspek kendala sistem, sistem ini masih berbasis website dan jawaban belum otomatis. Aspek ide perbaikan, mengubah sistem menjadi basis aplikasi dan jadwal praktik Dokter yang terintegrasi dengan SIRS. Aspek perilaku pengguna, sikap terhadap penggunaan sistem sudah baik.

 

Kesimpulan: Hasil evaluasi dan pengembangan sistem pendaftaran online pasien baru rawat jalan sudah mulai terlaksana dengan baik. Sistem mudah digunakan baik dari segi petugas maupun pasien. Perlu beberapa perbaikan untuk meningkatkan kemudahan serta integrasi dengan sistem informasi rumah sakit, sehingga dapat mempercepat pelayanan dan kepuasan pasien meningkat.

Kata kunci : evaluasi, pendaftaran online, rawat jalan, technology acceptance model

Background: The Dharmais Cancer Hospital developed the online registration sistem for new outpatients with the goal of improving the quality of hospital services. However, the Dharmais Cancer Hospital's online registration system for new outpatient new patients has not been implemented optimally. An assessment is required to evaluate the implementation of an information sistem. The Technology Acceptance Model (TAM) is one of the evaluation methods used in information sistems.

 

Objective : To assess the implementation and development of an online registration system for new outpatients at Dharmais Cancer Hospital.

 

Method: A qualitative action research was conducted at the Dharmais Cancer Hospital from October 2022 to January 2023. The purposive sampling is used to sample informants. To collect data, TAM methods were used to conduct in-depth interviews with informants both before and after the intervention. Qualitative data were analyzed by systematic analysis.

 

Results : There were 13 informants at the pre-intervention stage and 8 informants at the post-intervention stage. The interviews yielded six themes: management and developer team roles, system benefits, system convenience, system constraints, improvement ideas, and user behavior. The management and development team’s role is to determine the effectiveness of using the system and continuously monitor its evaluation and development.

The usefulness aspect of this system aims to simplify, shorten time, and assist each officer in being more effective in service, and from the post-intervention results show that it is more effective. The convenience aspect of using the registration system for pre-intervention is still difficult because there is a lot to fill out and upload files, and there is no patient reminder information. Improvements to the patient data entry feature and notifications for patient reminders have made it easier to obtain post-intervention results. In terms of sistem constraints, this system remains website-based, and the responses are not automated. One aspect of improvement ideas is to integrate the system with an application base and a doctor's practice schedule. Aspects of user behavior and attitude towards system use are good.

 

Conclusion : The evaluation and development of the online registration system for new outpatients has begun to produce positive results. The system is simple to use for both staff and patients. Some enhancements are required to improve convenience and integration with hospital information systems in order to improve service and patient satisfaction.

 

Keywords : evaluation, online registration, outpatient care, technology acceptance model

Kata Kunci : evaluasi, pendaftaran online, rawat jalan, technology acceptance model

  1. S2-2023-471367-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471367-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471367-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471367-title.pdf