ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR DALAM MEMPERTAHANKAN KEPEMIMPINAN PASAR INDUSTRI LOGISTIK DI ERA DISRUPSI STARTUP
ANDRE RAJAGUKGUK, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.
2023 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)
PT Tiki
Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) didirikan sejak tahun 1990 oleh Bapak H. Soeprapto
Suparno beserta keluarga dan koleganya dengan memulai usaha yang berfokus pada
bisnis ekspres dan logistik kepabeanan atau impor kiriman barang dan dokumen
dari luar negeri ke Indonesia. JNE berawal dari sebuah divisi dari PT Citra Van
Titipan Kilat (TIKI) dan pada akhirnya JNE menjadi perusahaan berdiri sendiri
dengan manajemen dan memiliki logo JNE yang membedakannya dari TIKI. Dengan
berjalannya waktu, JNE semakin terus berkembang dan bertumbuh pesat serta menjadi
market leader Industri logistik sejak sepuluh tahun terakhir. Selain
persaingan tinggi dari perusahaan sejenis yang sudah ada sebelumnya seperti Pos
Indonesia, DHL dan Wahana, munculnya perusahaan startup logistik seperti
J&T, SiCepat, Anteraja, SAP, Ninja Express, Deliveree dan sebagainya menambah
sengitnya persaingan di industri logistik Indonesia.
Untuk
mengevaluasi strategi JNE dalam mempertahankan kepemimpinan pasar industri
logistik di era disrupsi startup, penulis mencoba menganalisis dengan
menggunakan beberapa metode pengujian seperti PESTEL, Five Forces, SWOT,
Key Success Factor (KSF), VRIN dan Competitive Strength.
Berdasarkan beberapa metode pengujian di atas, dapat disimpulkan bahwa lingkungan eksternal yang berpengaruh tinggi pada industri logistik adalah lingkungan teknologi, ekonomi dan politik. Selain itu, industri logistik memiliki acaman pendatang baru (threat of new entrants) yang tinggi selain tingginya persaingan dari anggota industri itu sendiri (rivalry among existing firms). Hal ini menandakan bahwa industri logistik sangat diminati oleh para pendatang baru yang mencoba untuk memperoleh keuntungan dari besarnya pangsa pasar industri logistik Indonesia. Dari analisis KSF dapat disimpulkan bahwa atribut yang dimiliki oleh JNE sehingga berhasil dalam industri ini adalah harga produk yang kompetitif, network atau jangkauan yang luas, after sales service dan brand image dari produk JNE dengan tag line-nya connecting happiness. Dari hasil analisis competitive strength, dapat ditarik kesimpulan JNE berada di urutan pertama atau berada pada keunggulan kompetitif bersih keseluruhan dibandingkan pesaingnya dikarenakan memiliki atribut paling unggul yaitu kekuatan perusahaan itu sendiri pada kapabilitas jasa logistik dan kemampuan jaringan atau distribusi yang sangat luas.
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)
was established in 1990 by Mr. H. Soeprapto Suparno and his family and
colleagues by starting a business that focused on express business and customs
logistics or importing goods and documents from abroad to Indonesia. JNE
started as a division of PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) and in the end JNE
became an independent company with management and had the JNE logo that
distinguished them from TIKI. Over time, JNE has
continued to develop and grow rapidly and has become the market leader in the
logistics industry since past ten years. In addition to high competition
from pre-existing similar companies such as Pos Indonesia, DHL and Wahana, the
emergence of logistics startup companies such as J&T, SiCepat, Anteraja,
SAP, Ninja Express, Deliveree and so on has added to the fierce competition in
the Indonesian logistics industry.
To evaluate JNE's strategy in maintaining
market leadership in the logistics industry in the era of startup disruption,
the authors try to analyze it using several testing methods such as PESTEL,
Five Forces, SWOT, Key Success Factor (KSF), VRIN and Competitive Strength.
Based on the several test methods above, it can
be concluded that the external environment that has a high influence on the
logistics industry is the technological, economic and political environment. In
addition, the logistics industry has a high threat of new entrants apart from
high competition from industry members themselves (rivalry among existing
firms). This indicates that the logistics industry is in great demand by new entrants who are trying to benefit from the large market share of the Indonesian
logistics industry. From the KSF analysis it can be concluded that the
attributes owned by JNE so that it is successful in this industry are
competitive product prices, wide network, after sales service and brand image
of JNE products with its tag
line connecting happiness. From the results of the competitive strength analysis, it can be concluded that JNE
is in first place or has an overall net competitive advantage compared to its
competitors because it has the most superior attributes compared to its competitors,
namely the strength of the company itself in logistics service capabilities and
a very wide network/distribution capability.
Kata Kunci : JNE, PESTEL, Five Forces, SWOT, Key Success Factor (KSF), VRIN, Competitive Strength