Competing Media Richness Theory: Psychological dan Cognitive Endowments sebagai Perspektif Fundamental atas Daya Serap Kognisi Pelajar
Muhammad Adlin Saputra, Dr. Sumiyana, Akt., M.Si.
2023 | Tesis | S2 Sains Akuntansi
Studi ini menyelidiki perilaku siswa, khususnya mengenai pengaruh endowmen kognitif dan psikologis terhadap daya serap kognitif mereka melalui berbagai jenis media pembelajaran. Secara khusus, tesis ini menyoroti bahwa kinerja pembelajaran yang dihasilkan yang direpresentasikan oleh penyerapan kognitif secara fundamental dimulai dari posisi endowmen individu, terlepas dari jenis media pembelajaran yang tersedia. Secara metodologis, penelitian ini menerapkan desain penelitian media richness (MR) dengan jenis peran teks (low-MR) dan video animasi (high-MR) sebagai perlakuan eksperimental, serta dukungan endowmen kognitif dan psikologis yang dibagi menjadi pengukuran weak dan strong. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan desain eksperimen 2x2, yang mencerminkan bagaimana kedua efek endowmen individu ini mempengaruhi perilaku mereka selama proses pembelajaran dan dampaknya terhadap penyerapan kognitif mereka. Peneliti menemukan bahwa keunggulan fungsional dari endowmen kognitif dan psikologis mendominasi prestasi belajar dibandingkan dukungan dari tipe peran MR. Selain itu, peneliti mendemonstrasikan bahwa belief, attitude, dan behaviour individu lebih unggul kepada endowmen kognitif dan psikologis mereka karena motivasi, inner spirit, dan faithfulness in appropriation mengalahkan material knowledge acquisition mereka dalam proses pembelajarannya, seperti kemampuan penyerapan. Penelitian ini menghadirkan kebaruannya melalui learning attachment behaviour karena supremely personal psychological dan cognitive endowment effects. Selain itu, perbedaan arah endowmen seseorang mempengaruhi perbedaan learning attachment behaviour, sehingga menghasilkan discrete learning performance. Di sisi lain, mahasiswa/i dengan endowmen negatif tertinggi berdampak pada penyerapan yang rendah dan selanjutnya mempengaruhi prestasi belajar mereka di masa depan. Akhirnya, peneliti mengungkapkan bahwa pola pikir dan sikap yang mengakar kuat secara individu berkontribusi pada penyerapan kognitif yang lebih tinggi daripada dukungan tipe peran MR. Dengan demikian, tesis ini menunjukkan bahwa jenis peran MR menghasilkan kinerja inkremental yang rendah, yang mana tidak lebih dari memaksimalkan valuable information.
Kata Kunci : endowment effects, attachment, media richness, cognitive absorption, learning achievement