Laporkan Masalah

Competing Media Richness Theory: Psychological dan Cognitive Endowments sebagai Perspektif Fundamental atas Daya Serap Kognisi Pelajar

Muhammad Adlin Saputra, Dr. Sumiyana, Akt., M.Si.

2023 | Tesis | S2 Sains Akuntansi

Studi ini menyelidiki perilaku siswa, khususnya mengenai pengaruh endowmen kognitif dan psikologis terhadap daya serap kognitif mereka melalui berbagai jenis media pembelajaran. Secara khusus, tesis ini menyoroti bahwa kinerja pembelajaran yang dihasilkan yang direpresentasikan oleh penyerapan kognitif secara fundamental dimulai dari posisi endowmen individu, terlepas dari jenis media pembelajaran yang tersedia. Secara metodologis, penelitian ini menerapkan desain penelitian media richness (MR) dengan jenis peran teks (low-MR) dan video animasi (high-MR) sebagai perlakuan eksperimental, serta dukungan endowmen kognitif dan psikologis yang dibagi menjadi pengukuran weak dan strong. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan desain eksperimen 2x2, yang mencerminkan bagaimana kedua efek endowmen individu ini mempengaruhi perilaku mereka selama proses pembelajaran dan dampaknya terhadap penyerapan kognitif mereka. Peneliti menemukan bahwa keunggulan fungsional dari endowmen kognitif dan psikologis mendominasi prestasi belajar dibandingkan dukungan dari tipe peran MR. Selain itu, peneliti mendemonstrasikan bahwa belief, attitude, dan behaviour individu lebih unggul kepada endowmen kognitif dan psikologis mereka karena motivasi, inner spirit, dan faithfulness in appropriation mengalahkan material knowledge acquisition mereka dalam proses pembelajarannya, seperti kemampuan penyerapan. Penelitian ini menghadirkan kebaruannya melalui learning attachment behaviour karena supremely personal psychological dan cognitive endowment effects. Selain itu, perbedaan arah endowmen seseorang mempengaruhi perbedaan learning attachment behaviour, sehingga menghasilkan discrete learning performance. Di sisi lain, mahasiswa/i dengan endowmen negatif tertinggi berdampak pada penyerapan yang rendah dan selanjutnya mempengaruhi prestasi belajar mereka di masa depan. Akhirnya, peneliti mengungkapkan bahwa pola pikir dan sikap yang mengakar kuat secara individu berkontribusi pada penyerapan kognitif yang lebih tinggi daripada dukungan tipe peran MR. Dengan demikian, tesis ini menunjukkan bahwa jenis peran MR menghasilkan kinerja inkremental yang rendah, yang mana tidak lebih dari memaksimalkan valuable information.

This study investigates the students’ behaviour, especially regarding their cognitive and psychological endowments' effect on their cognitive absorption through various types of learning media. Specifically, it highlights that the resulting learning performance presented by cognitive absorption fundamentally starts from individual endowment positions, regardless of the available types of learning media. Methodologically, this study applies a research design of media richness (MR) with the role types of text (low-MR) and animated video (high-MR) as experimental treatments, as well as cognitive and psychological endowments divided into weak and strong measurements. Thus, this study uses a 2x2 experimental design, reflecting how individuals’ endowments affect their behaviour during the learning process and its impact on their cognitive absorption. The author finds that the cognitive and psychological endowments' functional superiority dominates the learning achievement compared to the MR role types. Furthermore, the author demonstrates that individuals’ beliefs, attitudes and behaviour are superior to their cognitive and psychological endowments because motivation, inner spirit and faithfulness in appropriation defeat their material knowledge acquisition in their learning processes, such as absorption capabilities. This research presents its novelty through learning attachment behaviour due to supremely personal psychological and cognitive endowment effects. Furthermore, differences in the direction of a person’s endowment affect the differences in his/her learning-attachment behaviour, resulting in a discrete learning performance. On the other hand, the students with the highest negative experiences impact low absorption and further affect their future learning achievement. Finally, the author reveals that individually endowed mindsets and attitudes contribute to higher cognitive absorption than the MR role types. Thus, it demonstrates that the MR role types produce a low incremental performance, which is nothing more than maximising valuable information.

Kata Kunci : endowment effects, attachment, media richness, cognitive absorption, learning achievement

  1. S2-2023-471245-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471245-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471245-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471245-title.pdf