Laporkan Masalah

MAKNA PUISI "LUBNANU YA WAJHA AL-MA`ASI" DALAM ANTOLOGI PUISI KHUZNI ILA AL-MASJIDI AL-AQSA KARYA AIMAN AL-'ATUM: ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE

Ghufron Alawy, Dr. Zulfa Purnamawati, S.S., M.Hum.

2023 | Skripsi | S1 SASTRA ARAB

Puisi "Lubnanu Ya Wajha al-Ma`asi" merupakan salah satu puisi yang terdapat dalam antologi Khuzni ila al-Masjidi al-Aqsa karya Aiman Al-'Atum. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi "Lubnanu Ya Wajha al-Ma`asi". Penelitian ini menggunakan teori semiotik, yaitu teori yang digunakan untuk mengkaji tanda-tanda di dalam puisi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode semiotik Riffaterre, yaitu ketidaklangsungan ekspresi dan pembacaan semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik.

Dari analisis yang dilakukan pada puisi "Lubnanu Ya Wajha al-Ma`asi" dalam antologi puisi Khuzni ila al-Masjidi al-Aqsa karya Aiman al-'Atum ini didapatkan bahwa puisi tersebut mengungkapkan sejarah tragedi Lebanon. Beberapa di antaranya adalah perang saudara yang terjadi pada tahun 1975 hingga 1990, pendudukan zionis Israel yang dimulai pada tahun 1982 serta keterlibatan Amerika dalam peperangan di Lebanon. Tragedi tersebut mendapatkan perhatian yang besar di dunia. Penjajahan yang dilakukan oleh Israel mengakibatkan penderitaan bagi rakyat Lebanon. Berlatar dari penderitaan tersebut rakyat Lebanon harus berani menentukan sikap agar dapat mewujudkan harapan kemenangan.

The poem "Lubnanu Ya Wajha al-Ma`asi" is one of the poems in the anthology Khuzni ila al-Masjidi al-Aqsa by Aiman Al-'Atum. The research conducted aims to reveal the meaning contained in the poem "Lubnanu Ya Wajha Al-Ma`asi". This research uses semiotic theory, which is a theory used to examine the signs in poetry. The method used in this research is to use Riffaterre's semiotic method, namely the incoherence of expression and semiotic reading which consists of heuristic reading and hermeneutic reading.

From the analysis conducted on the poem "Lubnanu Ya Wajha al-Ma`asi" in the poetry anthology Khuzni ila al-Masjidi al-Aqsa by Aiman al-'Atum, it is found that the poem reveals the history of Lebanon's tragedies. Some of these include the civil war that took place from 1975 to 1990, the Israeli occupation that began in 1982 and the American involvement in the war in Lebanon. The tragedy has gained more attention in the world. The Israeli occupation caused suffering for the Lebanese people. Based on this suffering, the Lebanese people must dare to determine their attitude in order to realize the hope of victory.

Kata Kunci : Aiman Al-'Atum, Semiotik, Puisi, Tragedi, Lebanon.

  1. S1-2023-413357-abstract.pdf  
  2. S1-2023-413357-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-413357-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-413357-title.pdf