Laporkan Masalah

Formulasi Rencana Strategis Pada Perusahaan Isti Anggana Landscape Tahun 2024-2028

Muhammad Madaniy Fadlulhaq, Boyke Rudy Purnomo, S.E, M.M, Ph.D, CFP

2023 | Tesis | Magister Manajemen

Isti Anggana Landscape merupakan salah satu bisnis yang bergerak dalam bidang pertamanan. Mengambil konsep taman natural membuat produk dan layanan yang dihasilkan sebagai bentuk karya kreativitas artistik yang tidak digerakkan oleh pasar dan lebih non utilitarian. Isti Anggana telah melayani konsumen individu, instansi dan pengembang. Isti Anggana Landscape dalam perjalanannya tersebut belum memiliki misi, visi dan sasaran strategis untuk membawa bisnisnya semakin berkembang di kemudian hari. Diperlukan adanya perencanaan misi, visi dan sasaran strategis sebagai landasan perusahaan untuk menentukan keputusan dan kebijakan dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan misi, visi dan sasaran strategis serta merumuskan program dan target bagi perusahaan Isti Anggana Landscape. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara semi terstruktur dan focus group discussion secara daring dengan anggota organisasi beserta mitra organisasi. Merumuskan misi dan visi pada penelitian ini mengikuti kerangkan kerja dari Campbell dan Yeung (1991) dan Collin dan Porras (1996). Tahapan pembuatan misi dan visi merujuk pada tahapan menurut Srinivasan (2014). Hasil dari penelitian ini adalah pernyataan misi, visi dan sasaran strategi Isti Anggana Landscape serta program dan key performance indikator yang dapat digunakan sebagai panduan strategis yang digunakan untuk menjalankan perusahaan dikemudian hari.

Isti Anggana Landscape is a business engaged in landscaping. Taking the concept of a natural garden creates products and services that are produced as a form of artistic creativity that is not driven by the market and is more non- utilitarian. Isti Anggana has served individual consumers, agencies and developers. Isti Anggana Landscape in its journey does not yet have a mission, vision and strategic goals to bring its business to grow in the future. There is a need for mission planning, vision and strategic goals as the basis for the company to determine decisions and policies in the future. This study aims to formulate the mission, vision and strategic goals as well as formulate programs and targets for the company Isti Anggana Landscape. This research uses a qualitative descriptive method by conducting semi-structured interviews and focus group discussions online with members of the organization and organizational partners. Formulating the mission and vision of this study follows the kerangka kerja of Campbell dan Yeung (1991) and Collin dan Porras (1996). The stages of making a mission and vision refer to the stages according to Srinivasan (2014). The results of this study are the mission statement, vision and strategic goals of Isti Anggana Landscape as well as programs and key performance indicators that can be used as strategic guidelines to run the company in the future.

Kata Kunci : Perumusan Misi dan Visi, Sasaran Strategis, Key Performance Indicator

  1. S2-2023-486182-abstract.pdf  
  2. S2-2023-486182-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-486182-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-486182-title.pdf