Fenomena Gaya Hidup Hustle Culture Dalam Kehidupan Mahasiswa Universitas Gadjah Mada
FARADILLA TITA W, Elok Santi Jesica, S.Pd, M.A.
2023 | Skripsi | S1 SOSIOLOGIKemajuan teknologi yang meningkatkan persaingan dalam dunia kerja mendorong masyarakat untuk memiliki produktivitas yang tinggi. Hal tersebut menciptakan konsep kerja keras yang kemudian menjadi suatu tren dengan sebutan hustle culture. Tren ini semakin dikenal dengan adanya narasi-narasi mengenai kerja keras oleh influencer, maupun tokoh tokoh yang menceritakan kesuksesan melalui sosial media. Tidak hanya terjadi pada para pekerja, tren mengenai hustle culture ini juga dapat terjadi pada mahasiswa. Sebagai generasi milenial yang memiliki jiwa ambisi tinggi serta adaptif terhadap berbagai perubahan, mahasiswa rentan masuk dalam arus hustle culture ini. Pada penelitian ini mencoba melihat bagaimana praktik hustle culture menjadi bagian dari gaya hidup mahasiswa. Teori lifestyle dari David Chaney digunakan untuk melihat hustle culture melalui kegiatan produktif yang merupakan tindakan berulang dan dirutinkan. Dengan teori lifestyle ini melihat bagaimana praktik membentuk pola yang membedakan antar mahasiswa sebagai individu. Kemudian, teori trajectory of the self milik Anthony Giddens digunakan untuk melihat implementasi dari praktik hustle culture ini terhadap pembentukan identitas diri bagi para mahasiswa. Melalui metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mencoba menggali realitas dari praktik hustle culture melalui produktivitas yang dilakukan maupun ditampilkan oleh Mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hustle culture pada mahasiswa dapat dilihat melalui praktik produktivitas dengan kegiatan kegiatan yang mereka ikuti seperti magang, part time, volunteer dan lain sebagainya. Kegiatan produktif yang dilakukan oleh mahasiswa ini tidak semata mata karena mereka mengikuti tren. Melainkan juga dipengaruhi oleh berbagai faktor serta menjadi bagian dari strategi mahasiswa dalam menghadapi ketidakpastian dalam era late modernity. Praktik produktivitas tersebut dibingkai sebagai sebuah budaya hustle yang selanjutnya disirkulasikan pada lingkungan kampus hingga sosial media mahasiswa. Makna produktivitas dalam konteks hustle culture pada mahasiswa dapat menjadi dasar bagi mereka untuk melakukan reflexive project dalam trajectory pembentukan identitas dirinya.
Technological advances that increase competition in the world of work encourage people to have high productivity. This has created a concept of hard work that has become a trend called hustle culture. This trend is increasingly recognized by the existence of narratives about hard work by influencers, as well as figures who tell success through social media. Not only for workers, this trend of hustle culture can also occur in students. As millennials who have high ambition and adaptive to various changes, students are vulnerable to entering the flow of this hustle culture. This research tries to see how the practice of hustle culture becomes part of the student lifestyle. David Chaney's lifestyle theory used to see hustle culture through productive activities that are repetitive and routinized actions. With this lifestyle theory, we see how practices form patterns that distinguish between students as individuals. Then, Anthony Giddens' trajectory of the self theory used to see the implementation of hustle culture practice towards the formation of self-identity for students. Through descriptive qualitative method, this research tries to explore the reality of hustle culture practices through the productivity performed and displayed by Universitas Gadjah Mada students. The results of this study show that hustle culture in students can be seen through the practice of productivity with the activities they participate in such as internships, part time, volunteers and so on. Productive activities carried out by these students are not merely because they follow trends. Rather, it is also influenced by various factors and is part of the students' strategy in dealing with uncertainty in the era of late modernity. The practice of productivity is framed as a hustle culture which is then circulated in the campus environment to student social media. The meaning of productivity in the context of hustle culture in students can be the basis for them to carry out reflective projects in the trajectory of forming their identity.
Kata Kunci : Produktivitas, Gaya hidup, Hustle Culture, Trajectory of The Self, Identitas Diri