Laporkan Masalah

DETERMINAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DALAM PENANGGULANGAN COVID 19 DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN SEYEGAN)

RAHMAT M ERLANGGA, Dr. Dra. Retna Siwi Padmawati, MA ; Dr. dr. Dwi Handono Sulistyo, M.Kes

2023 | Tesis | MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

Determinan program vaksinasi COVID-19 dalam penanggulangan COVID-19 di Kecamatan Seyegan terdiri dari layanan vaksinasi COVID-19, pendistribusian vaksin, dana, dan kerjasama lintas sektor di Kecamatan Seyegan. Layanan vaksinasi COVID-19 terdiri dari SDM, akses layanan, dan strategi. SDM kesehatan yang dimiliki oleh Puskesmas Seyegan cukup, akses Puskesmas Seyegan sendiri yang terjun ke lapangan untuk mengadakan layanan vaksinasi COVID-19 dan juga melakukan layanan door-to-door. Kemudian strategi yang dilakukan dengan mengedukasi kepada stakeholder yang ada di Kecamatan Seyegan. Untuk pendistribusian vaksin, pihak Puskesmas Seyegan selalu mendokumentasikan setiap pengambilan vaksin ke dinas kesehatan. pendanaan kegiatan vaksinasi COVID-19. Koordinasi dilakukan oleh semua pihak dan komitmen mereka untuk menanggulangi COVID-19 sangat bagus. Kesimpulan nya adalah Program vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Seyegan dapat dikatakan berhasil dengan adanya upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh pihak Puskesmas Seyegan dan juga dengan dukungan dari stakeholders yang ada di Kecamatan Seyegan. Kesimpulan Program vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Seyegan dapat dikatakan berhasil dengan adanya upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh pihak Puskesmas Seyegan dan juga dengan dukungan dari stakeholders yang ada di Kecamatan Seyegan

The determinants of the COVID-19 vaccination program in handling COVID-19 in Seyegan District consist of COVID-19 vaccination services, vaccine distribution, funds, and cross-sector collaboration in Seyegan District. COVID-19 vaccination services consist of human resources, access to services, and strategies. Health human resources owned by the Seyegan Health Center are sufficient; access is provided to the Seyegan Community Health Center itself, which goes into the field to provide COVID-19 vaccination services and also conducts door-to-door services. Then the strategy is carried out by educating stakeholders in Seyegan District. For vaccine distribution, the Seyegan Health Center always documents every vaccine taken to the health office. funding for COVID-19 vaccination activities. All parties coordinated well, and their commitment to tackling COVID-19 was very good. The conclusion is that the COVID-19 vaccination program in Seyegan District can be said to be successful with the efforts that have been made by the Seyegan Health Center and also with the support of stakeholders in Seyegan District. The conclusion is that the COVID-19 vaccination program in Seyegan District can be said to be successful with the efforts that have been made by the Seyegan Health Center and also with the support of stakeholders in Seyegan District.

Kata Kunci : Vaksinasi COVID-19, Keberhasilan Program, Program Vaksinasi

  1. S2-2023-466183-abstract.pdf  
  2. S2-2023-466183-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-466183-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-466183-title.pdf