Pengaruh Adopsi Informasi pada Sosial Media Female Daily pada Niat Beli Merek The Body Shop
DANESTI AULIA HASTIN, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.,
2023 | Skripsi | S1 MANAJEMENPerkembangan industri kecantikan yang pesat memberikan semakin banyak pilihan produk kecantikan bagi para calon konsumennya. Semakin luasnya pilihan yang dihadapi oleh calon konsumen, maka mereka semakin membutuhkan adanya informasi berupa saran atau ulasan dari konsumen terdahulu untuk menentukan niat beli. Penelitian ini menemukan bahwa konsumen cenderung mempertimbangkan pendapat terdahulu dalam menentukan niat beli. Penelitian ini meneliti pengaruh kualitas informasi, kredibilitas informasi, Kebutuhan Informasi, kebermanfaatan informasi, dan adopsi informasi pada niat beli. Responden pada penelitian ini ialah individu berusia minimal 18 tahun, tinggal di Pulau Jawa dan merupakan calon konsumen merek The Body Shop serta pengguna sosial media Female Daily. Sebanyak 130 responden telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian inicmenggunakan metode nonprobability sampling dan purposive sampling untuk pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan adalah partial least square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi, kredibilitas informasi, Kebutuhan Informasi, kebermanfaatan informasi, dan adopsi informasi berpengaruh secara positif pada niat beli. Kata kunci : adopsi informasi, niat beli, kredibilitas informasi, kualitas informasi, kebermanfaatan informasi, keputusan pembelian
Perkembangan industri kecantikan yang pesat memberikan semakin banyak pilihan produk kecantikan bagi para calon konsumennya. Semakin luasnya pilihan yang dihadapi oleh calon konsumen, maka mereka semakin membutuhkan adanya informasi berupa saran atau ulasan dari konsumen terdahulu untuk menentukan niat beli. Penelitian ini menemukan bahwa konsumen cenderung mempertimbangkan pendapat terdahulu dalam menentukan niat beli. Penelitian ini meneliti pengaruh kualitas informasi, kredibilitas informasi, Kebutuhan Informasi, kebermanfaatan informasi, dan adopsi informasi pada niat beli. Responden pada penelitian ini ialah individu berusia minimal 18 tahun, tinggal di Pulau Jawa dan merupakan calon konsumen merek The Body Shop serta pengguna sosial media Female Daily. Sebanyak 130 responden telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian inicmenggunakan metode nonprobability sampling dan purposive sampling untuk pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan adalah partial least square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi, kredibilitas informasi, Kebutuhan Informasi, kebermanfaatan informasi, dan adopsi informasi berpengaruh secara positif pada niat beli. Kata kunci : adopsi informasi, niat beli, kredibilitas informasi, kualitas informasi, kebermanfaatan informasi, keputusan pembelian
Kata Kunci : adopsi informasi, niat beli, kredibilitas informasi, kualitas informasi, kebermanfaatan informasi, keputusan pembelian