Laporkan Masalah

Efektivitas Penyuluhan Pertanian Melalui Facebook Di Kapanewon Tempel Kabupaten Sleman

VANINDYA SALSA A, Ir. Harsoyo, M.Ext.Ed; Riesma Andiani, S.P., M.Sc.

2023 | Skripsi | S1 PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

Media sosial Facebook merupakan salah satu media sosial yang dekat dengan petani. Hal ini dikarenakan Facebook memiliki banyak fitur yang bervariasi dan dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Media sosial ini banyak digunakan oleh petani milenial dimana kalangan petani dengan rentang usia 19 – 39 tahun yang adaptif terhadap kemajuan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penyuluhan pertanian melalui media sosial Facebook di Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman, dan (2) mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas penyuluhan pertanian melalui media sosial Facebook di Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode sensus terhadap petani milenial di Kapanewon Tempel dengan total 50 sampel. Analisis data yang digunakan yaitu uji proporsi dan uji regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar petani milenial di Kapanewon Tempel menyatakan bahwa penyuluhan pertanian melalui media sosial Facebook berjalan dengan efektif. Efektivitas penyuluhan pertanian tersebut dipengaruhi oleh faktor internal yaitu motivasi. Motivasi memiliki pengaruh yang positif, signifikan dan searah terhadap efektivitas penyuluhan pertanian.

Facebook media social is one of the social media that is close to farmers. This is because Facebook has many varied features and can be used easily by it’s users. This social media widely by millennial farmers where farmers with an age on range 19 – 39 years are adaptive to advances in information technology. This research aims to (1) determine the effectiveness of agricultural extension through Facebook social media in Tempel Subdistrict, Sleman District, and (2) determine the factors that influence the effectiveness of agricultural extension through Facebook social media in Tempel Subdistrict, Sleman District. The research method used is descriptive quantitative research method. Sampling was carried out using the census method of millennial farmers in Tempel Subdistrict with a total 50 samples. The data analysis used was the proportion test and multiple linier regression test with the help of IBM SPSS 25 software. The results showed that most of the millennial farmers in Tempel Subdistrict stated that agricultural extension through Facebook social media was running effectively. The effectiveness agricultural extension is influenced by internal factors, namely motivation. Motivation has a positive, significant, and one way influence on the effectiveness of agricultural extension.

Kata Kunci : Efektivitas, Penyuluhan Pertanian, Facebook, Petani Milenial, Motivasi

  1. S1-2023-439294-abstract.pdf  
  2. S1-2023-439294-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-439294-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-439294-title.pdf