ANALISIS EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KEBIJAKAN PEJABAT PUBLIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DKI JAKARTA (STUDI KASUS GUBERNUR ANIES BASWEDAN)
RUTH CAROLINE CHRISTIN MANULLANG, Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, MPP.
2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIKPeran Gubernur Anies Baswedan sebagai pejabat publik dalam mengkomunikasikan kebijakan di masa krisis pandemi Covid-19 sangatlah penting. Instagram menjadi salah satu kanal komunikasi kebijakan penanganan krisis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian: bagaimana efektivitas komunikasi kebijakan publik Gubernur Anies Baswedan selama periode 1 Mei 2021-31 Agustus 2021? Tujuan penelitian adalah mengetahui efektivitas komunikasi kebijakan yang dilakukan Anies Baswedan pada masa krisis Covid-19. Metode penelitian adalah menggunakan analisis konten dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa foto, video, infografis, dan tulisan informatif dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan kebijakan, dengan kebijakan vaksin dan PPKM sebagai kebijakan utama yang dikomunikasikan selama periode penelitian. Kebijakan yang dikomunikasikan Anies Baswedan melalui Instagram diarahkan untuk menyampaikan pesan dan kebijakan penanganan Covid-19 di DKI Jakarta, tetapi tidak diarahkan untuk membangun adanya komunikasi dua arah. Kebijakan yang dikomunikasikan melalui Instagram berhasil meningkatkan kepatuhan publik terhadap vaksin,tetapi tidak memberi peningkatan pada kepercayaan publik terhadap vaksin.Adapun perubahan kebijakan PPKM berbentuk inkremental dengan reproduksi kebijakan melalui adaptasi.
The role of Governor Anies Baswedan as public official is critical in term of communicate the policies in the midst of Covid-19 pandemic. Instagram has been used to communicate the counter-pandemic policies. This study aims to answer a research question: how effective does public policy communication of Governor Anies Baswedan during the period 1 May 2021-31 August 2021? The purpose of the study was to determine the effectiveness of policy communication carried out by Anies Baswedan during the Covid-19 crisis. The research methods were content analysis and interviews. The results showed that photos, videos, infographics, and informative writings were used to communicate policies, with vaccine policies and PPKM as the main policies communicated during the study period. Anies Baswedan's communication through Instagram is directed to convey messages and policies for handling Covid-19 in DKI Jakarta. Vaccine policy communication through Instagram has successfully gain the public obedience but couldn������¢���¯���¿���½���¯���¿���½t gain the public trust through vaccine itself. The changes in PPKM policy are incremental with policy reproduction through adaptation.
Kata Kunci : komunikasi kebijakan, krisis, vaksin, PPKM, perubahan kebijakan/policy communication, crisis, vaccine, PPKM, policy change