Laporkan Masalah

Pengembangan Paket Wisata Baru Kota Surabaya

DEA CLARISSA R N, Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M.A., M.Phil.

2023 | Tesis | Magister Kajian Pariwisata

Dewasa ini, pengembangan sektor pariwisata harus dilakukan berdasarkan dua aspek yaitu aspek penawaran dan permintaan dari wisatawan. Kota Surabaya masih membutuhkan suatu cara untuk menyajikan daya tarik wisatanya agar dapat lebih menarik wisatawan dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan nilai dari pariwisata di Kota Surabaya dengan merencanakan paket wisata yang sesuai dengan keinginan wisatawan yang berkunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket terbuka, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan Kota Surabaya memiliki berbagai macam daya atrik untuk dikembangkan dalam suatu paket wisata yang diantaranya adalah daya tarik wisata alam, daya tarik wisata budaya, dan daya tarik wisata kuliner dan belanja. Dari aspek permintaan, wisatawan yang berkunjung ke Kota Surabaya didominasi okeh wisatawan usia 25-29 tahun dan 20- 24 tahun, dimana mereka merupakan karyawan dan pelajar atau mahasiswa. Dari karakteristik perjalanannya, mayoritas wisatawan sudah mengunjungi Kota Surabaya lebih dari sekali dan menghabiskan waktu lebih sari satu hari di Kota Surabaya. Kota Surabaya juga menjadi pilihan bagi wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti liburan, bisnis dan menghabiskan waktu dengan keluarga, teman dan pasangan mereka. Untuk motivasi wisatawan sendiri, motivasi tertinggi yang dimiliki oleh wisatawan adalah motivasi alam dan motivasi fantasi dan intelektual, dan setelahnya baru ditempati oleh motivasi budaya dan motivasi sosial. Oleh sebab itu, berdasarkan hasil tersebut, paket wisata di Kota Surabaya dapat berkembang menjadi sembilan tema wisata baru yaitu, paket wisata tematik budaya paket wisata tematik sejarah, paket wisata tematik alam, dan paket wisata tematik kuliner.

Nowadays, the development of the tourism sector must be carried out based on two aspects, which are the supply and demand of its tourists. Surabaya still needs another way to present its tourist attractions so that it can attract much more tourists and provide a memorable experience for tourists. One thing that can help Surabaya to add their tourism value is by planning several tour packages according to the characteristics and the motivations of the tourists. This research is qualitative research, where the data were collected through observation, interviews, open questionnaires, and literature study. The results of this study reveal that Surabaya has various attractions that can be developed into tour packages. Surabaya has various tourism attractions, which are natural attractions, cultural attractions, and culinary and shopping attractions. The tourist that visited Surabaya mostly were aged 25-29 years old and 20-24 years old, where most pf them are employees and students. The majority of tourists have visited Surabaya more than once and spent more than one day there. Surabaya was chosen by the tourists to do various activities such as vacations, business and spending their time with their families, friends and spouses. Therefore, based on those results, tour packages in Surabaya can be developed into nine new tourist themes, namely, cultural tour packages, that consists of four tour package routes namely, paket wisata kampung tua, paket wisata surabaya multikultural, and paket wisata kampung budaya suroboyoan, historical tour packages which consists of two tour package routes, namely, paket wisata jalur rempah and paket wisata sejarah islam, nature tour packages that consists of two tour package routes, namely, paket wisata alam dan rekreasi, and paket wisata jelajah alam, and the last one is culinary tour packages which has two routes for the culinary tour package itself.

Kata Kunci : paket wisata, rute wisata

  1. S2-2023-467819-abstract.pdf  
  2. S2-2023-467819-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-467819-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-467819-title.pdf