Laporkan Masalah

EKSPLORASI PRAKTIK KONSUMSI DAN KETERLIBATAN INTERAKTIF AUDIENS PADA KONTEN INFORMASI HOMELESS MEDIA DI INSTAGRAM (Studi Kasus Followers Instagram @Folkative)

FARAH FATTATIN F, Prof. Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, S.IP., M.Si.

2023 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Fenomena perubahan penggunaan media sosial sebagai platform utama dalam pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat, khusunya kaum muda, yang dibarengi dengan masifnya media digital independen/homeless media populer di Indonesia sangat menarik untuk diidentifikasi secara mendalam. Pasalnya, kemajuan teknologi dan perubahan yang ada di dalam masyarakat diasumsikan telah memungkinkan munculnya pola baru dalam praktik konsumi audiens dan keterlibatan interaktif mereka di dunia digital. Menganalisis apa yang dikatakan pengguna dalam berbagai interaktivitas mereka terkai konten informasi serta memahami pendorong di balik perilaku tertentu akan berkontribusi pada pemahaman yang lebih kaya tentang bagaimana praktik keterlibatan interaktif ini berhubungan dengan produksi konten berita. Melalui metode studi kasus, riset ini berupaya untuk mengeksplorasi praktik konsumsi dan keterlibatan interaktif followers homeless media populer di Instagram yakni Folkative. Hasilnya ditemukan bahwa pertama, penggunaan perangkat teknologi yang didominasi oleh penggunaan ponsel mendorong praktik penggunaan media sosial yang sangat masif dalam kesehariannya sebagai sumber utama konsumsi berita. Kedua, praktik konsumsi berita secara tidak disengaja cenderung mengisi sebagian besar aktivitas pengguna. Akan tetapi, porsi praktik konsumsi berita secara disengaja juga lebih kerap dilakukan oleh pengguna saat ini. Terakhir, eksplorasi praktik-praktik konsumsi dan keterlibatan aktif followers Folkative menghasilkan temuan yang praktik yang sangat beragam yang dimungkinkan oleh kehadiran fitur-fitur baru pada media sosial. Terdapat keberagaman motif dan makna yang kompleks yang mendasari keterlibatan interaktif masing-masing individu.

The phenomenon of changes in the use of social media as the main platform in fulfilling the information needs of society, especially young people, coupled with the massive popularity of independent digital media/homeless media in Indonesia is very interesting to know in depth. This is because technological advances and changes in society are assumed have enabled new patterns to emerge in audience consumption practices and their interactive involvement in the digital world. Analyzing what users are saying in their various interactivities regarding informational content and understanding the drivers behind certain behaviors will contribute to a richer understanding of how these interactive engagement practices relate to content news production. Through the case study method, this research seeks to examine the consumption practices and interactive involvement of popular homeless media followers on Instagram, Folkative. The results found that first, the use of technological devices which is dominated by the use of mobile phones encourages the massive use of social media in daily life as the main source of news consumption. Second, the share of accidental news consumption practices continues to make up the majority of users' activities. However, the portion of deliberate news consumption practices are also more frequent among current users. Lastly, an exploration of the consumption practices and active engagement of Folkative followers yields a wide variety of practice findings made possible by the presence of new features on social media. There are a variety of complex motives and meanings that involve the interactive involvement of each individual.

Kata Kunci : Homeless Media, Praktik Konsumsi Audiens, Audience Consumption Practices, Keterlibatan Interaktif, Audience Consumption Practices, Interactive Engagement, Folkative

  1. S1-2023-440817-abstract.pdf  
  2. S1-2023-440817-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-440817-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-440817-title.pdf