Laporkan Masalah

Evaluasi Strategi Transformasi Digital PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Pada Segmentasi Wholesale Banking: Studi Pada Implementasi Kopra By Mandiri

DEA PURI ANINDITA, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc.,

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Untuk menjawab tantangan dalam kondisi perkembangan teknologi yang pesat, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalankan strategi transformasi digital khususnya untuk segmentasi wholesale banking dengan peluncuran SuperApp yaitu Kopra by Mandiri yang telah diresmikan tanggal 02 Oktober 2021. Kopra by Mandiri merupakan super digital platform yang memberikan layanan digital single access serta menjadi pusat informasi dan transaksi finansial yang diperuntukan bagi pelaku bisnis (segmen wholesale banking) Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian implementasi Kopra by Mandiri sebagai strategi transformasi digital banking untuk segmen wholesale banking. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis lingkungan makro industri perbankan menggunakan PESTEL serta menganalisis implementasi Kopra by Mandiri menggunakan matriks SWOT. Peneliti mengevaluasi bahwa implementasi Kopra by Mandiri telah sesuai serta merupakan langkah agresif dalam strategi transformasi digital yang sedang dijalankan oleh PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk tercermin dari hasil analisis SWOT atas implementasi Kopra by Mandiri masuk dalam kuadran I (agresif) yang memberikan posisi menguntungkan bagi PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.

To answer challenges in conditions of rapid technological development, PT.Bank Mandiri (Persero) Tbk is carrying out digital transformation strategy, especially for the wholesale banking segment with the launch of the SuperApp, namely Kopra by Mandiri which was inaugurated on October 2, 2021. Kopra by Mandiri is a super digital platform that provides digital single access services as well as being a center for information and financial transactions intended for business people (wholesale banking segment). This study aims to evaluate the implementation of Kopra by Mandiri as a digital banking transformation strategy for the wholesale banking segment. This research is descriptive qualitative by analyzing the banking industry's macro environment using PESTEL and analyzing the implementation of Kopra by Mandiri using the SWOT matrix. Researchers evaluate that the implementation of Kopra by Mandiri is appropriate and an aggressive step in digital transformation strategy that is being implemented by PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk is reflected in the results of the SWOT analysis of the implementation of Kopra by Mandiri which is included in quadrant I (aggressive) which provides a profitable position for PT.Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Kata Kunci : digital banking, wholesale banking, and SWOT matrix

  1. s2-2022-471100-abstract.pdf  
  2. s2-2022-471100-bibliography.pdf  
  3. s2-2022-471100-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2022-471100-title.pdf  
  5. s2-2023-471100-abstract.pdf  
  6. s2-2023-471100-bibliography.pdf  
  7. s2-2023-471100-tableofcontent.pdf  
  8. s2-2023-471100-title.pdf