Analisis Tingkat Kepuasan Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Terhadap Layanan Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) di Universitas Negeri Yogyakarta
ROFIFAH M, Dr.Ir. Johanes Pramana Gentur Sutapa, M.Sc; Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi, M.Psi,
2023 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGIKebijakan yang diterapkan untuk menghadapi tantangan pendemi COVID-19 adalah pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) pada Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pelaksanaan PPG daring merupakan yang pertama kali dilakukan sehingga perlu adanya penyesuaian pelaksanaan kurikulum yang telah disusun. Pada pelaksanaan PPG kedepannya perlu upaya untuk mengevaluasi agar dapat meningkatkan layanan pembelajaran daring. Penelitian dilakukan pada Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta menggunakan metode campuran Sequential Explanatory yang memperoleh hasil tingkat kepuasan mahasiswa dan dosen menerima layanan yang diharapkan (expected service) dari layanan yang diterima (perceived service) adalah sebesar 85,58 % dari presentasi layanan yang dianggap penting adalah 90,8 % artinya masih ada yang harus ditingkatkan sebesar 5,3 %. Dosen dan mahasiswa menjelaskan pada saat wawancara bahwa pembelajaran ke depan perlu dilakukan secara blended. Jenis pelayanan yang perlu ditingkatkan adalah teknologi, alokasi waktu penugasan. Layanan yang perlu dipertahankan adalah terkait dengan dimensi Reliability dan Assurance yang terdiri dari ketepatan waktu dan sikap dosen PPG UNY dalam memberikan pelayanan yang terbaik.
One of the policies implemented to face the challenges of the COVID 19 pandemic is Online learning in Teacher Professional Education (PPG). LPTKs need efforts to improve, evaluate and enhance their learning services starting from the platforms used for learning to the assessment system. These efforts were made to increase the satisfaction of learning services and determine further policies. The research was conducted on the Professional Education of Elementary School Teachers at Yogyakarta State University. Through the sequential mixed method (Sequential Explanatory) the quality of online learning services received (Perceived Service) by PPG UNY to PPG UNY students and lecturers is very satisfying, achieving a score of 85.58% of the expected quality (Expected Service) by lecturers and students, namely 90.8 The results of the Importance Performance Analysis (IPA) show that UNY needs to make efforts to improve attitudes and willingness to meet the needs of lecturers and students during learning and assignments. Improving the quality of learning can be done by increasing the ease of technology used and references to support learning. These improvements and improvements are found in the Empathy, Reliability, and Assurance dimensions. These efforts were made in order to meet service expectations that were considered important, namely 5.3%
Kata Kunci : Pendidikan Profesi Guru, Pembelajaran daring, Kepuasan Dosen dan Mahasiswa, Sequential Explanatory