Laporkan Masalah

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi: Studi Pada Kabupaten Sumba Barat Daya

Rama Kusuma Aji, Eny Sulistyaningrum, S.E., M.A., Ph.D ; Muhammad Ryan Sanjaya, S.E., M.Int.Dev.Ec., Ph.D.

2023 | Tesis | Magister Ekonomika Pembangunan

Inspirasi Foundation melalui program bersama di Kabupaten Sumba Barat Daya berupaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi melalui pengembangan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kemampuan literasi dan numerasi di Kabupaten Sumba Barat Daya menggunakan data baseline dan midline yang diperoleh dari hasil implementasi program bersama yang dilakukan oleh Inspirasi Foundation. Penelitian ini menggunakan metode ordinary least square serta interaction effect untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kemampuan literasi dan numerasi. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 sekolah treatment pada Kecamatan Kodi Bangedo dan 23 sekolah kontrol pada Kecamatan Kodi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah khususnya dalam hal supervisi akademik terhadap kemampuan literasi dan numerasi pada data midline. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan skor literasi sebesar 6,8 poin dan skor numerasi 8,1 poin lebih tinggi jika kepala sekolah melakukan supervisi akademik

The Inspiration Foundation, through a program bersama in Southwest Sumba Regency, seeks to improve literacy and numeracy skills through the development of principal leadership competencies. This study aims to analyze the influence of the principal's leadership on literacy and numeracy skills in Southwest Sumba District using baseline and midline data obtained from the implementation of a program bersama conducted by the Inspirasi Foundation. This study uses the ordinary least square (OLS) method and interaction effect to determine the influence of the principal's leadership on literacy and numeracy skills. The research samples used in this study were 15 treatment schools in the Kodi Bangedo sub-district and 23 control schools in the Kodi sub-district The results of the study show that there is a positive and significant influence on the principal's leadership, especially in terms of academic supervision on literacy and numeracy skills in the midline data. The results show that there is a difference of 6,8 points in the literacy score, and the numeracy score is 8,1 points higher if the principal supervises academic.

Kata Kunci : literasi dan numerasi, kepemimpinan kepala sekolah

  1. S2-2023-484547-abstract.pdf  
  2. S2-2023-484547-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-484547-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-484547-title.pdf