Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing Pada Bakpia Wong Jogja

Hurulaini Sekar Azzahra, Ely Susanto, S.IP., MBA., Ph.D.

2023 | Tesis | Magister Manajemen

Bakpia Wong Jogja adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri retail sebagai bisnis oleh-oleh bakpia. Saat ini, bisnis oleh-oleh bakpia semakin banyak sehingga persaingan pun semakin ketat sehingga Bakpia Wong Jogja menghadapi kendala dalam bersaing dan mengoptimalkan kinerjanya untuk meningkatkan pangsa pasar. Dengan situasi tersebut, Bakpia Wong Jogja harus memiliki strategi bersaing yang ditetapkan secara matang agar dapat bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi kondisi lingkungan eksternal, menganalisis dan mengidentifikasi sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki perusahaan kemudian memformulasikan strategi bersaing Bakpia Wong Jogja. Penelitian ini bersifat kualitatif naratif dengan melakukan analisis lingkungan eksternal perusahaan menggunakan analisis lingkungan umum PESTEL. Analisis lingkungan internal perusahaan dilakukan dengan analisis sumber daya, kapabilitas, dan VRIO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bakpia Wong Jogja menggunakan strategi focused differentiation untuk dapat bertahan di industri dan memenangkan persaingan.

Bakpia Wong Jogja is a company engaged in the retail industry as a bakpia souvenir business. Currently, there are more and more bakpia souvenir businesses so that competition is getting tougher, so Bakpia Wong Jogja faces obstacles in competing and optimizing its performance to increase market share. With this situation, Bakpia Wong Jogja must have a well-established competitive strategy in order to survive. This study aims to analyze and identify external environmental conditions, analyze and identify the company's resources and capabilities and then formulate a competitive strategy for Bakpia Wong Jogja. This research is narrative qualitative by conducting an analysis of the company's external environment using PESTEL's general environmental analysis. Analysis of the internal environment of the enterprise is carried out by analysis of resources, capabilities, and VRIO. The results showed that Bakpia Wong Jogja used a focused differentiation strategy to survive in the industry and win the competition.

Kata Kunci : strategi bisnis, strategi bersaing, bisnis oleh-oleh bakpia

  1. S2-2023-484696-abstract.pdf  
  2. S2-2023-484696-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-484696-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-484696-title.pdf