Laporkan Masalah

Formulasi Strategi Bisnis Umkm Di Era New Normal : Studi Pada Tahu Susu Ameera

FIRDI VERDIANTO, Dr. Agus Setiawan, M.Soc.Sc.

2023 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Pandemi COVID-19 melanda sebagian besar wilayah Indonesia sejak awal tahun 2020 hingga saat ini. Beberapa kebijakan dari pemerintah pun diberlakukan seperti PSBB dan PPKM serta percepatan vaksinasi kepada masyarakat Indonesia untuk menekan angka pertumbuhan penyebaran COVID-19 dan bisa dikatakan berhasil walaupun kebijakan tersebut berdampak pada roda perekonomian masyarakat termasuk pelaku UMKM akibat adanya pembatasan mobilisasi masyarakat. Banyak pelaku UMKM yang tutup karena tidak mampu menahan beban operasional sehari-hari. Namun hal ini tampaknya menjadi suatu peluang bagi salah satu UMKM Tahu Susu Ameera yang berani mengambil risiko yang mulai membuka tokonya pada akhir tahun 2020. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis lebih dalam mengenai strategi bisnis yang dilakukan oleh UMKM Tahu Susu Ameera selama masa pandemi ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis formulasi strategi yang sudah dilakukan pemilik Tahu Susu Ameera sampai dengan saat ini, menganalisis faktor-faktor yang mendorong keberhasilan usaha Tahu Susu Ameera, menganalisis faktor-faktor yang menghambat keberhasilan usaha Tahu Susu Ameera, dan mengidentifikasi fokus strategi yang dilakukan pemilik untuk mengembangkan usahanya dalam beberapa waktu ke depan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif untuk lebih memahami hal-hal yang mendasari tentang bagaimana strategi bisnis dilakukan oleh Tahu Susu Ameera. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan data primer dari hasil wawancara dari beberapa narasumber serta menggunakan data pelengkap dari beberapa sumber. Peneliti menggunakan beberapa teori untuk mendukung analisis penelitian seperti Five Forces of Porter, Business Model Canvas, SWOT, IFAS, dan EFAS. Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa Tahu Susu Ameera telah melakukan strategi yang cukup baik dan berada di posisi stabilisasi. Selain itu UMKM ini mendukung strategi agresif untuk mengembangkan usahanya serta berada di kuadran yang positif karena banyak memiliki peluang dan kekuatan sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada untuk mengembangkan lebih lanjut bisnis Tahu Susu Ameera di masa depan.

The COVID-19 pandemic has hit most parts of Indonesia since early 2020 until now. Several policies from the government were implemented such as PSBB and PPKM as well as acceleration of vaccination for the Indonesian people to suppress the growth rate of the spread of COVID-19 and can be said to be successful even though these policies have an impact on the wheels of the community's economy including MSME players due to restrictions on community mobilization. Many MSMEs are closed because they are unable to withstand the daily operational burden. However, this seems to be an opportunity for one of Ameera's Tahu Susu UMKM who dares to take risks and starts opening its tokos at the end of 2020. Therefore researchers are interested in analyzing more deeply the business strategy carried out by Ameera's Tahu Susu UMKM during this period. this pandemic. The purpose of this research is to analyze the strategy formulation that has been carried out by the owner of Ameera's Tahu Susu business to date, to analyze the factors that drive the success of Ameera's Tahu Susu business, to analyze the factors that impede the success of Ameera's Tahu Susu business, and to identify the strategic focus that carried out by the owner to develop his business in the future. This research was conducted using qualitative analysis methods to better understand the underlying matters of how Ameera's Tahu Susu business strategy is carried out. The instruments in this study used primary data from interviews with several sources and used complementary data from several sources. Researcher use several theories to support research analysis such as Five Forces of Porter, Business Model Canvas, SWOT, IFAS, and EFAS. From the results of the analysis, it was concluded that Ameera's Tahu Susu has carried out a fairly good strategy and is in a stabilizing position. In addition, these MSMEs support an aggressive strategy to develop their business and are in a positive quadrant because they have many opportunities and strengths so that the company can take advantage of existing opportunities and strengths to further develop Ameera's Tahu Susu business in the future.

Kata Kunci : Strategi bisnis, UMKM, Five Forces of Porter, Business Model Canvas, SWOT, IFAS, EFAS

  1. S2-2023-471129-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471129-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471129-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471129-title.pdf