Laporkan Masalah

Pengembangan Bisnis Cacao Husk Kombucha "Kokocha"

ADHITYA MAHENDRAYANA PUTRA, Dr. Ir. Priyanto Triwitono, M.P.; Ir. Erista Adisetya, M.M

2023 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI PANGAN DAN HASIL PERTANIAN

Di zaman yang semakin berkembang, masyarakat Indonesia mulai memperhatikan pemilihan pangannya, terutama yang dapat memberikan efek kesehatan. Salah satu produk yang diklaim dapat memberikan efek kesehatan adalah kombucha. Kombucha merupakan minuman hasil fermentasi larutan teh atau bahan baku lain dengan menggunakan SCOBY. Di Indonesia sendiri, terutama di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, kombucha sedang naik daun belakangan ini. Mengingat mayoritas produk kombucha berbahan baku daun teh dan kakao merupakan salah satu komoditas terbesar Indonesia yang beberapa bagiannya belum dimanfaatkan, termasuk kulit biji kakao, maka tercetus sebuah ide untuk mengembangkan bisnis kombucha berbahan dasar kulit biji kakao. Kokocha merupakan sebuah bisnis dengan konsep business to customer yang menyediakan produk inovasi kombucha berbahan baku kulit biji kakao. Kokocha dikemas dalam kemasan botol kaca ukuran 250 mL dan tersedia dalam tiga varian rasa. Kokocha mulai beroperasi secara online sejak bulan November 2022 dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi dan penjualan. Setelah dua bulan usaha berjalan, Kokocha sudah menjual 70 pcs botol dan baru mencapai 71,5% produk yang terjual dari target penjualan selama dua bulan, yakni 96 pcs botol, sehingga usaha masih mengalami kerugian. Produksi Kokocha selama dua bulan juga belum bisa dikatakan efektif dan efisien. Apabila penjualan Kokocha sudah sesuai dengan proyeksi cashflow, maka didapatkan nilai payback period selama 4,2 tahun, Net present value sebesar Rp 22.132.767, dan Internal rate of return sebesar 22%, sehingga usaha layak dijalankan.

In an increasingly developing era, Indonesians are starting to pay attention to their food choices, especially those that can have health effects. One product that claims to have health effects is kombucha. Kombucha is a fermented tea or other raw materials drink made with SCOBY. Kombucha has been on the rise in Indonesia, especially in Sleman and Yogyakarta. Considering that the majority of kombucha products are made from tea leaves and cocoa, which is one of Indonesia's largest commodities and some parts of which have not been utilized, including cocoa bean husks, an idea was sparked to develop a kombucha business made from cocoa bean husks. Kokocha is a business with a business-to-customer model that provides innovative kombucha products made from cocoa bean husks. Kokocha is packaged in a 250 mL glass bottle and is available in three flavors. Kokocha started operating online in November 2022 by using social media as a media for promotion and sales. After two months of running the business, Kokocha has sold 70 pcs of bottles and only 71.5% of the products sold from the sales target for two months, namely 96 pcs of bottles, so the business is still experiencing losses. Kokocha production for two months also cannot be said to be effective and efficient. The business is feasible if Kokocha sales have a payback period of 4,2 years, a net present value of IDR 22.132.767, and an internal rate of return of 22%.

Kata Kunci : kombucha, pengembangan bisnis, strategi usaha, pemasaran, produksi, keuangan.

  1. S1-2023-444168-Abstract.pdf  
  2. S1-2023-444168-Bibliography.pdf  
  3. S1-2023-444168-Tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-444168-Title.pdf