STRATEGI PT NESTLE INDONESIA DALAM MENCAPAI TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN MELALUI PROGRAM KEMASAN ISI ULANG
AFIF LINOFIAN M, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.,
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Produksi sampah plastik di Indonesia yang terus mengalami peningkatan membuat pemerintah menginisiasi program Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment (PRAISE), dengan Indonesia Packaging Recovery Organization (IPRO) sebagai pemrakarsa. PT Nestl����¯�¿�½������© Indonesia, salah satu anggota IPRO, menerapkan berbagai strategi yang turut dijadikan upaya untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDG) pada tahun 2030. PT Nestl����¯�¿�½������© Indonesia merumuskan program Kemasan Isi Ulang dengan tujuan untuk untuk mencapai tujuan tersebut dan meminimalisir penggunaan kemasan plastik konsep serta memberikan edukasi bagi para konsumen agar menggunakan kemasan yang dapat digunakan kembali. Tujuan dari penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, melakukan evaluasi terhadap strategi program kemasan isi ulang dari segi operasional. Kedua, memperbaiki hambatan dan masalah pada saat implementasi program kemasan isi ulang agar tingkat pembelian kembali oleh konsumen bertambah secara signifikan. Ketiga, memberikan saran dan langkah berikutnya untuk menunjang kesuksesan program kemasan isi ulang dalam rangka penyelenggaran tanggung jawab lingkungan dan menjadikan program tersebut sebagai kesempatan bisnis di masa mendatang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dari wawancara para narasumber yang terlibat serta laporan resmi perusahaan. Sedangkan data sekunder menggunakan jurnal sebagai pendukung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode triangulasi data untuk mengetahui kualitas strategi dengan acuan Triple Bottom Line, standarisasi ISO 37101:2016 serta konsep evaluasi yang berbasis kesesuaian, penerimaan dan kelayakan. Selain itu, hasil analisis diterjemahkan menggunakan pendekatan SWOT agar dapat dilakuakan rekomendasi perubahan di masa mendatang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kemasan isi ulang merupakan sebuah strategi tepat bagi PT Nestl����¯�¿�½������© Indonesia untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan sesuai komitmen perusahaan dalam mencapai net zero pada tahun 2050 mendatang. Di sisi lain, program ini juga mempunyai kesempatan yang luas sebagai model bisnis baru dan dapat dijadikan sebagai sumber pertumbuhan perusahaan pada masa mendatang.
The number of plastic wastes in Indonesia that increased significantly encourage the government to form Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment (PRAISE) with Indonesia Packaging Recovery Organization (IPRO) as initiator. Nestl����¯�¿�½������© Indonesia, as one of the IPRO������¢���¯���¿���½���¯���¿���½s members, initiated a strategy to achieve the sustainable development goals in 2030 which is called Warung on Wheels (WOW) project or reusable packaging program. This strategy aimed to minimize the single use plastic in products packaging and to educate the consumers to use a reusable and a refillable packaging. Purpose of this research is divided into three main aspects. The first one is to evaluate the strategy of WOW project by using operational approach. The second aspect is to fix the issue and problems during implementation period to increase the consumers repurchase rate. The last is to give recommendations to make this program become more successful and to use the opportunity to expand the business in the future. This research used qualitative method with two kinds of data, the primary and the secondary. The primary data is result of interview from the stakeholders of company and program and the official report. And to enrich the data, some journals and literature review were used as secondary data. Those data were analyzed by using triangulation data method to verify the strategy concept of the project. The analysis also few indicators to validate the quality, such as Triple Bottom Line, ISO 37101:2016 and strategy evaluation using suitability, acceptability and feasibility approach. Result of the research shown that WOW project is the right strategy of Nestl����¯�¿�½������© Indonesia to achieve sustainable development goals as their commitment to have net zero in 2050. In other hands, this research has a big opportunity to give an alternative business model and could be the new source of growth.
Kata Kunci : Tujuan Pembangunan Keberlanjutan,Keberlanjutan,Kemasan Isi Ulang,Triple Bottom Line,SWOT