Laporkan Masalah

Preferensi Konsumen terhadap Mi Mocaf dan Mi Terigu di Kota Yogyakarta

RIZKI AYUDIA SAVITRI, Prof. Dr. Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, M.S.; Anung Pranyoto, S.P., M.Ec.

2022 | Skripsi | S1 EKONOMI PERTANIAN DAN AGRIBISNIS

Mi mocaf merupakan salah satu produk inovasi program diversifikasi pangan lokal untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor gandum. Namun, produk mi mocaf belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui preferensi konsumen berdasarkan atribut mi mocaf dan mi terigu, dan (2) mengkaji faktor yang memengaruhi preferensi konsumen terhadap mi mocaf dan mi terigu. Penelitian dilakukan di dua kemantren di Kota Yogyakarta yaitu Kemantren Gondokusuman dan Kemantren Umbulharjo terhadap 60 responden ibu rumah tangga. Atribut mi yang diteliti adalah rasa, tekstur, kemasan, harga, dan ketersediaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode multiatribut Fishbein dan metode regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsumen lebih menyukai mi mocaf dibandingkan mi terigu untuk atribut harga, rasa, tekstur, dan kemasan, serta (2) pendapatan, pendidikan, dan jenis pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen mi mocaf, sedangkan usia tidak berpengaruh secara nyata terhadap preferensi konsumen.

Mocaf noodle is one of the innovative products of the local food diversification program to reduce dependence on domestic imported wheat. However, mocaf noodle products are not widely known by community. This study is conducted to investigate: (1) consumer preferences based on attitudes towards the attributes of mocaf noodle and wheat noodle, and (2) the factors that influence consumer preferences for mocaf noodle. The study was conducted in two sub districts in Yogyakarta City, Gondokusuman and Umbulharjo, where the sample size is taken from 60 respondents. The attributes of mocaf noodle studied were taste, texture, packaging, price, and availability. The analytical method used in this study is the Fishbein multi-attribute and biner logistic regression. The results showed that (1) consumers prefers mocaf noodles compared to wheat noodles for several attributes, price,taste, texture, and packaging, (2) income, education, and type of work have a significant effect on consumer preferences toward mi mocaf, while age has no significant effect on consumer preferences.

Kata Kunci : mi mocaf, mi terigu, multiatribut fishbein, preferensi konsumen, regresi logistik biner, biner logistic regression, consumer preference, fishbein-multiattribute, mocaf noodle, wheat noodle

  1. S1-2022-398906-abstract.pdf  
  2. S1-2022-398906-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-398906-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-398906-title.pdf