Laporkan Masalah

Hubungan Faktor Sosiodemografi dan Status Kesehatan terhadap Intensi Pembelian Berulang Suplemen Kesehatan melalui E-Commerce oleh Masyarakat Pulau Jawa

EVA AMALIA, Dr. apt. Susi Ari Kristina, M.Kes.

2022 | Skripsi | S1 FARMASI

Populasi pengguna internet yang meningkat tiap tahun menjadikan internet tidak hanya menjadi sumber pemenuhan edukasi maupun profesional, melainkan juga untuk pemenuhan kebutuhan pribadi. Pandemi COVID-19 yang memengaruhi mobilitas masyarakat menjadikan internet sebagai prioritas utama untuk memenuhi kebutuhan pribadi, di antaranya yaitu produk kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik sosiodemografi dan status kesehatan masyarakat Pulau Jawa terhadap intensi pembelian berulang suplemen kesehatan melalui e-commerce. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebarkan secara daring. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling yaitu dengan convenience sampling. Data yang diperoleh dari pengisian kuesioner kemudian dianalisis secara deskriptif serta uji chi-square untuk mengetahui hubungan antara karakteristik sosiodemografi serta status kesehatan dari 119 masyarakat Pulau Jawa terhadap intensi pembelian berulang suplemen kesehatan melalui e-commerce. Hasil menunjukkan bahwa 70,6% responden melakukan 1 hingga 2 kali pembelian suplemen kesehatan melalui Shopee (49,58%), dengan kategori produk yang banyak dibeli merupakan multivitamin dan mineral (23,53%). Sebanyak 65,55% responden memiliki intensi pembelian berulang yang tinggi. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik sosiodemografi dan status kesehatan responden, pengalaman pembelian suplemen kesehatan, serta kelengkapan informasi suplemen kesehatan pada laman pembelian terhadap intensi pembelian berulang suplemen kesehatan melalui e-commerce.

The population of internet users that increases every year makes the internet not only a source of educational and professional fulfillment, but also to fulfill personal needs. The COVID-19 pandemic that affects people's mobility makes the internet a top priority to meet personal needs, including health products. This study aims to determine the relationship between sociodemographic characteristics and the health status on repurchase intention of health supplements through e-commerce in Java Island community. This research was conducted using a cross-sectional research design with the research instrument in the form of an online questionnaire. The data from the questionnaire were then analyzed descriptively and statistically with chi-square test to determine the relationship between sociodemographic characteristics and health status of 119 people in Java Island on repurchase intention of health supplements through e-commerce. The results showed that 70.6% of respondents made 1 to 2 purchases of health supplements through Shopee (49.58%), with the most frequently purchased category were multivitamins and minerals (23.53%). As many as 65.55% of respondents have high repurchase intentions. There is no significant relationship between sociodemographic characteristics and health status of respondents, respondent's experience on purchasing health supplements, and product information on repurchase intention of health supplements through e-commerce.

Kata Kunci : intensi pembelian berulang, masyarakat, suplemen kesehatan, e-commerce

  1. S1-2022-429545-abstract.pdf  
  2. S1-2022-429545-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-429545-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-429545-title.pdf