Laporkan Masalah

Tinjauan Prinsip Keadilan Etika Bisnis terhadap Strategi Penanganan Wanprestasi pada Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Bank Tabungan Negara Cabang Syariah Yogyakarta

ZAHROTUS SHOLEHAH, Prof. Dr. Lasiyo, M.A., M.M.; Dr. Abdul Rokhmat Sairah Z, S.Fil., M.Phil..

2022 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Skripsi ini berjudul tinjauan keadilan etika bisnis terhadap strategi penanganan wanprestasi pada pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Bank Tabungan Negara Cabang Syariah Yogyakarta dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk menggali lebih lanjut prinsip-prinsip keadilan dalam etika bisnis. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis secara kritis tentang tinjauan keadilan etika bisnis terhadap strategi penanganan wanprestasi pada pembiayaan KPR di Bank Tabungan Negara Cabang Syariah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dan menggunakan metode kajian kepustakaan untuk menjawab permasalahan aktual. Data diperoleh melalui studi kepustakaan dan wawancara. Jalan penelitian dikelompokkan menjadi beberapa tahap yakni tahap pengumpulan data, inventarisasi data, klasifikasi data, analisis data dan evaluasi kritis. Analisis data menggunakan metode deskriptif, interpretasi, heuristika dan refleksi kritis. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama pendekatan keadilan memiliki kelebihan dalam menentukan keputusan ketika memberikan layanan kepada perseorangan maupun kelompok sebagai nasabah harus diperlakukan secara adil karena memiliki harkat dan martabat yang sama. Kedua, dalam mekanisme pembiayaan KPR belum dilaksanakan dengan maksimal pada tahap pasca kontraktual dimana pelaksanaan belum dilaksanakan sesuai dengan kepatutan dimana debitur dalam melaksanakan perjanjian kurang dalam memahami kemampuannya sehingga menyebabkan kemampuan melakukan pembayaran menurun. Serta strategi penanganan wanprestasi menggunakan cara cukup efektif, yaitu dengan melakukan pembinaan terhadap nasabah, melakukan restrukturisasi, dan tahapan terakhir yaitu eksekusi terhadap jaminan bagi nasabah yang tidak mempunyai iktikad baik untuk memenuhi kewajibannya. Ketiga, strategi penanganan wanprestasi oleh Bank BTN Cabang Syariah Yogyakarta sudah menerapkan keadilan etika bisnis yang dilandaskan oleh moral melalui pendekatan secara kekeluargaan dan kegotong royongan agar terwujudnya harkat dan martabat yang sama dengan keputusan dan keuntungan yang adil bagi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis.

Research on the default handling strategies of home ownership loans (KPR) financing implementation at Bank Tabungan Negara Syariah Branch Yogyakarta was motivated by researchers to dig up of Business Ethics Justice Approach. The purpose of this study is Critical analysis about review justice approach of business ethics on the default handling strategies of home ownership loans (KPR) financing implementation at Bank Tabungan Negara Syariah Branch Yogyakarta. This research is a qualitative research and uses literature review methods to answer actual problems. The data was obtained through a literature study and interview data. The research path is grouped into several stages there are the data stage, data inventory, data classification, data analysis, and critical evaluation. The analysis stage is in the form of description, interpretation, heuristics, and critical reflection. Three conclusions that can be drawn from the research asre as follows: Firstly, the justice approach has a benefit in decision or policy making when giving a service towards an individual or a group as a customer, in which they need to be treated fairly due to equal dignity and worth. Secondly, the processing financing KPR was not performed optimally on the debtor was failed to perform in post contractual phase due to some conduct the reduce the capability to repay the loan. To deal with the troubled home loan, uses a fairly effective manner, such as conducting coaching against the customer, doing the restructuring, and the last stage is the execution of collateral for customers who do not have good faith to fulfill their obligations. Third, the strategy for handing defaults by Bank BTN Syariah Branch Yogyakarta has implemented the principle of business ethics justice approach which is based on morals through a familial approach and mutual cooperation in order to realize the same dignity as fair decisions and benefits for all parties involved in business activities.

Kata Kunci : Strategi Bank, KPR, Wanprestasi, Pendekatan Keadilan, Etika Bisnis.

  1. S1-2022-423599-abstract.pdf  
  2. S1-2022-423599-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-423599-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-423599-title.pdf