Laporkan Masalah

EFISIENSI PEMASARAN TEMBAKAU RAJANGAN KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI

ANNISA KURNIAWATI, Prof. Dr. Ir. Dwidjono HD., M.S ; Arif Wahyu Widada, S.P., M.Sc.

2022 | Skripsi | S1 EKONOMI PERTANIAN DAN AGRIBISNIS

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) margin pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran tembakau rajangan Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, (2) farmer's share pada masing-masing saluran pemasaran tembakau rajangan Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, (3) efisiensi pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran tembakau rajangan Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan sampel produsen dilakukan dengan menggunakan metode proportional random sampling dengan melibatkan 40 produsen. Pengambilan sampel pedagang dan sampel konsumen menggunakan metode snowball sampling. Untuk mengetahui margin pemasaran, farmer's share, dan efisiensi pemasaran digunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 saluran pemasaran tembakau rajangan Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Saluran I (pendek) merupakan saluran paling efisien dengan nilai margin pemasaran paling rendah sebesar Rp0,00/kg, farmer's share paling tinggi 100,00%, dan nilai efisiensi paling rendah sebesar 4,03%.

This study intends to (1) determine the marketing margins for each marketing channel of cut-tobacco of Selo Sub District Boyolali Regency (2) knowing the farmer's share in each marketing channel for cut-tobacco of Selo Sub District Boyolali Regency, (3) knowing the marketing efficiency of each marketing channel of cut-tobacco of Selo Sub District, Boyolali Regency. The site of the research was established using a method of purposive sampling. The proportional random sampling approach was used to take a sample of producers, this research involved 40 producers. The snowball sampling method was used to determine sample merchants and consumer samples. To exemine the marketing margin, farmer's share, and marketing efficiency, quantitative analysis was applied. The results indicated that there were three marketing channels for cut-tobacco of Selo Sub District Boyolali Regency. Channel I (short) is the most efficient channel with a marketing margin value of Rp0,00/kg, which is the lowest. The maximum Farmer's share is 100 %, whilst the minimum efficiency value is 4,03 %.

Kata Kunci : Saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer's share, efisiensi pemasaran

  1. S1-2022-427772-abstract.pdf  
  2. S1-2022-427772-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-427772-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-427772-title.pdf