Laporkan Masalah

Analisis Dampak Perkuliahan Daring terhadap Pendidikan Karakter dan Integritas Akademik Mahasiswa Sebatik, Kalimantan Utara pada Masa Pandemi Covid -19

SEFTI TRIYANI, dr Titi Savitri, M.Med.Ed.,Ph.D;Dr. Wisjnu Martani, SU

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Pada tahun 2019, dunia termasuk Indonesia menghadapi wabah pandemi Covid �¢ï¿½ï¿½ 19. Wabah ini memberikan dampak pada semua sektor yang ada termasuk dunia pendidikan yang membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu pembelajaran daring pada semua jenjang pendidikan termasuk pendidikan tinggi langkah ini sebagai upaya untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Perkuliahan daring terhadap Pendidikan Karakter dan Integritas Akademik pada mahasiswa Sebatik, Kalimantan Utara pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuisioner 100 Responden Mahasiswa asal Sebatik yang mengenyam pendidikan tinggi di Wilayah Indonesia. Hasil analisis data dalam penelitian, perkuliahan daring tidak memberikan dampak signifikan terhadap Pendidikan karakter selama didukung kesadaran yang dalam diri mahasiswa, faktor eksternal, motivasi dosen, sinergitas antara orang tua, pemerintah, dosen, serta kondisi jaringan yang stabil dan fasilitas yang memadai. Sedangkan analisis pada variabel Integritas Akademik tidak begitu dapat diukur karena hanya menggunakan kuisioner melalui google form. Mahasiswa menyadari bahwa tindakan tersebut merupakan tindakan yang menyimpang sehingga hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring tidak berdampak secara signifikan terhadap integritas akademik Mahasiswa.

In 2019, the world including Indonesia faced the covid �¢ï¿½ï¿½ 19 pandemic outbreak. This outbreak has an impact on all existing sectors including the world of Education which made the government issue a policy namely online learning at all levels of education including higher education this step is an effort to reduce the spread of Covid-19. This research aims to determine the impact of online learning on character education and academic integrity of sebatik students, north kalimantan during the covid-19 pandemic. The method used is a quantitative method with data retrieval techniques using questionnaires 100 respondents Sebatik origin students who are studying higher education in the territory of Indonesia. The results of data analysis in the study, online learning does not have a significant impact on character education as long as it is supported by students, inner awareness, external factors, lecturer motivation, synergy between university, parents, government, lecturers, and stable network conditions and adequate facilities. Meantime the analysis on academic integrity variable is not so measurable because it only uses a questionnaire through google form. Students realize that this action is a deviant act so that the results of the study show that online learning does not have a significant impact on the academic integrity of students.

Kata Kunci : Dampak Covid, Perkuliahan daring, Pendidikan Karakter, Integritas Akademik

  1. S2-2022-467979-Abstract.pdf  
  2. S2-2022-467979-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-467979-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-467979-title.pdf