Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Rebranding (Studi Kasus Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Sarana Rebranding BKKBN Tahun 2020 untuk menjangkau Generasi Milenial dan Generasi Z)
MARTHINUS, Dr. Widodo Agus Setianto, M.Si
2022 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIPerubahan struktur penduduk Indonesia serta karakteristik yang unik dan berbeda dari Generasi Milenial dan Generasi Z menuntut perubahan dari organisasi pemerintah yang sudah ada sejak era orde baru agar brand identity-nya relevan dan tampil sesuai dengan karakter dari kedua generasi tersebut. BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) melakukan strategi komunikasi dengan pendekatan komunikasi pemasaran sosial berbasis Internet of Things melalui pemanfaatan media sosial sebagai sarana rebranding-nya pada tahun 2020 untuk menguatkan relevansinya dengan Generasi Milenial dan Generasi Z. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tahapan pemanfaatan dan pemanfaatan fitur - fitur media sosial Instagram sebagai sarana rebranding BKKBN untuk menjangkau Generasi Milenial dan Generasi Z. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan Media Sosial oleh Organisasi Pemerintah, Rebranding oleh Organisasi Pemerintah, Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Sarana Rebranding Organisasi Pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah admin media sosial Instagram bkkbnofficial dan objek penelitian ini adalah unggahan konten dalam Instagram bkkbnofficial periode Oktober 2019 sampai dengan Desember 2020. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana rebranding BKKBN tahun 2020 merupakan tindakan yang sangat strategis dan prospektif di tengah kemajuan teknologi informasi melalui tahapan yang tepat dan fitur-fitur yang menarik untuk menjangkau Generasi Milenial dan Generasi Z sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya.
Changes in the composition of the Indonesian population as well as the unique and different characteristics of the Millennial and Z Generation require changes from government organizations that have existed since the New Order era so that their brand identity is relevant and appears in accordance with the characters of the two generations. BKKBN (National Population and Family Planning Agency) implements a communication strategy with an Internet of Things based social marketing communication approach through the use of social media as a means of rebranding in 2020 to strengthen its relevance to Millennial and Z Generation. The purpose of this research is to find out and analyze the stages of utilizing and utilizing Instagram social media features as a means of rebranding BKKBN to reach Millennial and Z Generation. The concept used in this study is the Utilization of Social Media by Government Organizations, Rebranding by Government Organizations, Utilization of Instagram Social Media as Means of Rebranding Government Organizations. The research method used is a case study qualitative research method. The subject in this study is the Instagram bkkbnofficial social media admin and the object of this research is the upload of content on Instagram bkkbnofficial for the period October 2019 to December 2020. Data collection techniques are through interview, observation and literature study. Based on the results of the research and analysis that has been carried out, the researcher conclude that the use of Instagram social media as a means of rebranding the BKKBN in 2020 is a very strategic and prospective action in the midst of advances in information technology through the right stages and attractive features to reach Millennials and Z Generations according to the characteristics it has.
Kata Kunci : Media Sosial,Instagram,Rebranding,Generasi Milenial,Generasi Z