Laporkan Masalah

PENGARUH KEPEMIMPINAN INKLUSIF PADA PERILAKU KERJA INOVATIF: PERAN MEDIASI PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS (STUDI PADA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)

VANESA KRISTA W, Rr Tur Nastiti, M.Si., Ph.D.

2022 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan inklusif terhadap perilaku kerja inovatif dengan peran mediasi pemberdayaan psikologis, studi pada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan proses pengumpulan data yang dilakukan dengan metode survei. Responden pada penelitian ini berjumlah 226 tenaga didik yang bekerja di organisasi PAUD yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil analisis SEM-PLS menggunakan aplikasi SMART-PLS menunjukkan adanya pengaruh positif antara kepemimpinan inklusif dengan perilaku kerja inovatif. Penelitian juga menunjukkan bahwa pemberdayaan psikologis memediasi penuh pengaruh positif kepemimpinan inklusif terhadap perilaku kerja inovatif.

This study examines the effect of inclusive leadership on innovative work behavior with a mediating role of psychological empowerment, a study on Early Childhood Education teachers. This research is a quantitative research with the data collection process conducted by survey method. Respondents in this study amounted to 226 teachers who work in early childhood education organizations located in the Special Region of Yogyakarta. The result of the SEM-PLS analysis using the SMART-PLS application show a positive influence between inclusive leadership and innovative work behavior. Research also shows that psychological empowerment fully mediates the positive influence of inclusive leadership on innovative work behavior.

Kata Kunci : Kepemimpinan Inklusif, Perilaku Kerja Inovatif, Pemberdayaan Psikologis, Tenaga Didik, dan Pendidikan Anak Usia Dini.

  1. S1-2022-426661-abstract.pdf  
  2. S1-2022-426661-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-426661-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-426661-title.pdf