Laporkan Masalah

Menelaah Konsep Pendidikan Ideal Orang Tua Siswa Sekolah Dasar di Kampung Tanggungrejo

VIKY SETYA NUSANTARA, Dr. Realisa D Masardi, M.A.

2022 | Skripsi | S1 ANTROPOLOGI BUDAYA

Pendidikan dan kebudayaan memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Pendidikan adalah bagian dari kebudayaan. Orang tua mayoritas akan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya sesuai tujuan yang sudah dirumuskan. Rancangan harapan dan tujuan orang tua pada pendidikan anaknya merupakan konsep pendidikan ideal. Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep pendidikan ideal orang tua siswa sekolah dasar di Kampung Tanggungrejo, Kota Semarang beserta faktor yang melatarbelakangi dan pengimplementasiannya. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan melakukan wawancara bersama beberapa orang tua siswa sekolah dasar di Kampung Tanggungrejo. Hasil penelitian menunjukkan orang tua memahami pentingnya pendidikan sehingga merumuskan konsep pendidikan ideal untuk anaknya sesuai harapan yang ingin dicapai. Terdapat dua jenis konsep pendidikan ideal yang ada di Kampung Tanggungrejo, yaitu a) mengedepankan aspek kualitas; b) memprioritaskan aspek religiusitas (Islam) pada pendidikan anaknya. Keberagaman konsep pendidikan ideal orang tua didasarkan pada pengalaman hidup maupun latar pendidikan mereka. Pengimplementasian dari konsep pendidikan idealnya adalah pemilihan instansi pendidikan sekolah dasar yang sesuai dengan tujuan orang tua secara rasional dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Namun, fakta lain menunjukkan terdapat pula masyarakat yang tidak dapat mengimplementasikan konsep pendidikan idealnya karena keterbatasan ekonomi sehingga memilih pendidikan yang sesuai dengan kemampuan ekonomi mereka.

Education and culture have an inseparable relationship. Education is part of culture. Parents will provide the best education for their children according to the goals that have been formulated. The design of parents' expectations and goals for their children's education is an ideal educational concept. This study aims to determine the ideal education concept of parents of elementary school students in Kampung Tanggungrejo, Semarang City along with the factors behind and its implementation. In collecting data, this study applied a qualitative method by conducting interviews with several parents of elementary school students in Kampung Tanggungrejo. The results showed that parents understand the importance of education so that they formulate the ideal education concept for their children according to the expectations they want to achieve. There are two types of ideal education concepts that exist in the village of Responsibility, namely a) prioritizing aspects of quality; b) prioritizing aspects of religiosity (Islam) in their children's education. The diversity of the ideal educational concept of parents is based on their life experience and educational background. The ideal implementation of the concept of education is the selection of elementary school education institutions that are in accordance with the goals of parents rationally by utilizing the available resources. However, other facts show that there are also people who cannot implement the ideal concept of education because of economic limitations, so they choose education that is in accordance with their economic capabilities.

Kata Kunci : konsep pendidikan ideal, sekolah dasar, tradisi pemilihan sekolah

  1. S1-2022-428345-abstract.pdf  
  2. S1-2022-428345-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-428345-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-428345-title.pdf