Laporkan Masalah

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG TEMPAT WISATA RONCHE SQUARE

IBNU SOLIKHUL TAMIMI, Dra. Sufitri, M.M.

2022 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui suatu fenomena tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Tempat Wisata Ronche Square. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar kuesioner tertutup kepada 60 responden yaitu pengunjyng tempat wisata Ronche Square dengan teknik pengambilan sampel Quota Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda dan diolah dengan menggunakan SPSS versi 21.0 for windows. Analisis Regresi Linier Berganda dipergunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil analisis uji T menunjukan Ha1 Diterima, yang berarti bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung, nilai probabilitas sebesar 0.036 < 0,05. Ha2 diterima, yang berarti bahwa Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung, nilai probabilitas sebesar 0,001 < 0,05. Hasil uji F diperoleh F hitung sebesar 143.137 dan probabilitas sebesar 0,000. Karena sig 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung. Koefisien determinasi menunujukan variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara bersama-sama mempengaruhi variabel Kepuasan Pengunjung sebesar 82,8% sisanya sebesar 17,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

This research is a quantitative research that aims to determine a certain phenomenon. This study aims to determine the effect of service quality and facilities on visitor satisfaction at Ronche Square tourist attractions. The data collection technique used is by distributing closed questionnaires to 60 respondents, namely visitors to the Ronche Square tourist spot with the Quota Sampling sampling technique. Analysis of the data used is Multiple Linear Regression Analysis and processed using SPSS version 21.0 for windows. Multiple Linear Regression Analysis was used to determine the effect of the independent variables on the dependent variable. The results of the T test analysis show Ha1 is accepted, which means that Service Quality has a positive and significant effect on visitor satisfaction, the probability value is 0.036 <0.05. Ha2 is accepted, which means that Facilities have a positive and significant effect on visitor satisfaction, the probability value is 0.001 0.05. The results of the F test obtained that the calculated F is 143.137 and the probability is 0.000. Because sig 0.000 < 0.05, it can be concluded that the variables of Service Quality and Facilities together have an effect on Visitor Satisfaction. The coefficient of determination shows that the Service Quality and Facilities variables together affect the Visitor Satisfaction variable by 82.8%, the remaining 17.2% is influenced by other variables not included in the research model.

Kata Kunci : Kualitas pelayanan, fasilitas, kepuasan konsumen.

  1. D3-2022-416541-bibliography.pdf  
  2. D3-2022-416541-intisari dan abstract.pdf  
  3. D3-2022-416541-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2022-416541-title.pdf