Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Kaki Lima di Kawasan Alun-Alun Selatan Kota Yogyakarta
SABELLA ISNANI M.B., Prof. Dr. Lasiyo, M.A, M.M. ; Dr. Ridwan Ahmad Sukri
2022 | Skripsi | S1 FILSAFATPenelitian ini berjudul Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Pedagang Kaki Lima di Kawasan Alun-Alun Selatan Kota Yogyakarta. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana aktivitas transaksi jual beli dan strategi berdagang para pedagang kaki lima di alun-alun selatan sebagai salah satu tempat wisata yang paling ramai di kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan tinjauan prinsip-prinsip etika bisnis islam megenai perilaku para pedagang kaki lima di Alun-alun Selatan Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas transaksi jual beli dan tingkah laku pedagang kaki lima di Alun-alun Selatan dalam tinjauan etika bisnis Islam. Kajian ini bersifat deskriptif kualitatif mengenai fenomena aktual. Metode yang digunakan adalah metode hermeneutika filosofis dengan unsur deskripsi, heuristika, interpretasi serta refleksi kritis. Pengumpulan data dengan cara studi pustaka dan mencari tahu informasi melalui metode wawancara dengan ketua paguyuban, kepala bidang organisasi paguyuban, pedagang kaki lima serta pengunjung Alun-alun Selatan Kota Yogyakarta. Objek formal penelitian ini menggunakan sudut pandang etika bisnis Islam untuk menganalisis objek material yaitu perilaku pedagang kaki lima di Alun-alun Selatan Kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku pedagang kaki lima di kawasan Alun-alun Selatan Kota Yogyakarta telah sesuai dengan etika bisnis Islam, namun ada satu pedagang yang tidak sesuai dengan prinsip kebajikan karena bersikap kurang ramah terhadap pelanggan. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan menggunakan metode Purposive Sampling, jumlah terpilih yaitu 6 sampel dari 115 pedagang yang merupakan anggota dari paguyuban pedagang kaki lima di Alun-alun Selatan Kota Yogyakarta.
This research is entitled The Observation of Islamic Business Ethics on the Street Vendors Behavior in the South Square Area of Yogyakarta City. The problem raised in this research is about how the activities of buying and selling transactions and trading strategies of street vendors in the southern square as one of the most crowded tourist attractions in the city of Yogyakarta. This study uses a review of the principles of Islamic business ethics regarding the behavior of street vendors in the South Square of Yogyakarta City. This study is to determine the activity of buying and selling transactions and the behavior of street vendors in South Square in a review of Islamic business ethics. This study is descriptive qualitative about the actual phenomenon. The method used is the method of philosophical hermeneutics with elements of description, heuristics, interpretation and critical reflection. Collecting data by means of library research and finding out information through interviews with the association leader, the association organization leader, street vendors and visitors to the South Square of Yogyakarta City. The formal object of this study uses the point of view of Islamic business ethics to analyze the material object, namely the behavior of street vendors in the South Square of Yogyakarta City. The results of this study indicate that the behavior of street vendors in the South Square area of Yogyakarta City is in accordance with Islamic business ethics, but there is one trader who is not in accordance with the principle of virtue because he is not friendly to customers. This is based on the results of observations and interviews using the purposive sampling method, the number chosen is 6 samples from 115 traders who are members of the street vendor association in the South Square of Yogyakarta City.
Kata Kunci : Alun-alun Selatan, Etika bisnis Islam, Pedagang kaki lima, Perilaku. South Square, Islamic business ethics, Street vendors, Behavior.