Stereotype Gender pada Iklan Produk Makanan Kinderjoy dan Produk Shampoo Zwitsal Kids: Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Iklan Produk Anak-anak
ARIF SHODIQ MUSTAQIM, Dr. Dian Arymami, S.IP., M.Hum.
2022 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIStereotip gender adalah sebuah generalisasi cara pandang tentang seperti apa pria dan wanita yang seharusnya yang biasanya ada banyak konsensus tentang cara pandang tersebut di masyarakat. Stereotip gender dalam iklan mengacu pada gambar, simbol, isyarat di dalam sebuah iklan yang menggambarkan peran dan stereotip gender. Tampilan gender banyak digunakan dalam iklan untuk menetapkan peran satu gender dalam kaitannya dengan lainnya dan beberapa pakar berpendapat bahwa pengiklan terobsesi dengan stereotip gender. Dikatakan bahwa penggambaran stereotip gender dalam iklan bisa menanamkan kepada audiens akan isyarat sosial dan bahkan bisa membuat dampak yang signifikan kepada audiens. Pria dan wanita digambarkan dalam iklan sesuai dengan definisi feminitas dan konstruksi kejantanan. Terlepas dari tren saat ini tentang penggunaan stereotip gender dalam iklan dan kampanye di media massa sekarang, hasil dari ini penelitian mengungkapkan bahwa meskipun iklan anak-anak tampaknya mulai bergeser dari stereotip jenis kelamin menjadi lebih universal, namun tetap saja masih banyak stereotip yang tersisa dan tertanam entah itu terhadap anak-anak maupun orang tua mereka yang memiliki daya beli terhadap produk. Penelitian ini menemukan bahwa iklan produk khusus anak-anak seperti Kinderjoy dan Zwitsal Kids Shampoo yang menggunakan stereotip gender dalam konten iklan dan produknya tersebut. Dalam iklan misalnya dapat dilihat bahwa dua produk tersebut sama-sama mendiferensiasikan produknya sesuai gender calon konsumen yang menjadi sasarannya, yaitu anak laki-laki dan anak perempuan melalui karakter dan simbol-simbol yang ditampilkan dalam iklan produk mereka. Alasan memilih produk makanan Kinderjoy dan produk sampo untuk anak Zwitsal sebagai subjek penelitian adalah karena kedua produk tersebut sering ditemui baik iklannya maupun produk fisiknya di retail-retailnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika milik Roland Barthes sebagai metode penelitiannya karena peneliti menganggap metode analisis semiotika ini mampu digunakan untuk meneliti mengenai representasi stereotip gender dalam iklan produk khusus anak-anak. Objek penelitiannya adalah iklan produk sampo anak-anak Zwitsal dan produk makanan anak-anak Kinderjoy di media massa, baik itu di Internet (Youtube) dan di media elektronik (Televisi). Peneliti akan melihat konten atau isi dari iklan tersebut melalui simbol, gambar, audio, visual dan isi pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut untuk mengetahui bagaimana representasi stereotip gender dalam iklan tersebut.
Gender stereotypes are generalized ways of looking at what men are like and the woman who should be where there is usually a lot of consensus on the point of view it in society. Gender stereotypes in advertising refer to images, symbols, cues in an advertisement that depict gender roles and stereotypes. Appearance gender is widely used in advertising to define the role of one gender in relation to others and some experts argue that advertisers are obsessed with gender stereotypes. It is said that the portrayal of gender stereotypes in advertising can instill in audiences social cues and can even make an impact significant to the audience. Men and women are depicted in advertisements according to the definition of femininity and masculinity construction. Despite the current trend of using gender stereotypes in advertisements and campaigns in the mass media now, the results of this research revealed that although children's advertising seems to be shifting from gender stereotypes are becoming more universal, but there are still many stereotypes that remains and is instilled in either the children or their parents who have purchasing power for the product. This study found that advertising for children's products such as Kinderjoy and Zwitsal Kids Shampoo that uses gender stereotypes in content advertisements and their products. In an advertisement, for example, it can be seen that two products Both of these differentiate their products according to the gender of potential consumers who become the target, namely boys and girls through character and symbols displayed in their product advertisements. Reason for choosing the product Kinderjoy food and shampoo products for children Zwitsal as research subjects This is because these two products are often found in both advertisements and products physically in retail. This study uses Roland Barthes .'s semiotic analysis method as a research method because the researcher considers this semiotic analysis method able to be used to examine the representation of gender stereotypes in advertising for children's products. The object of the research is the advertisement of children's shampoo products Zwitsal and Kinderjoy children's food products in the mass media, both on the Internet (Youtube) and in electronic media (Television). Researchers will see the content or content of the advertisement through symbols, images, audio, visuals and the content of the message conveyed in the ads to find out how the representation of gender stereotypes in the ad.
Kata Kunci : : dan, yang, gender, produk, dengan, stereotip gender, untuk, perempuan, gender dalam iklan.