ANALISIS RANTAI NILAI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM MENGHADAPI ELECTRIC VEHICLE (EV) PADA PT ASTRA OTOPARTS , TBK
MERY OKTAVIA RAHMAN, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengidentifikasi beberapa aktivitas dalam rantai nilai perusahaan yang dapat membantu perusahaan mencapai keunggulan kompetitif khususnya dalam menghadapi era transisi Electric Vehicle (EV) pada PT Astra Otoparts, Tbk (AUTO). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis rantai nilai yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode yang mengacu kepada penentuan cost driver (biaya penggerak) disetiap aktivitas operasional AUTO. Dengan mengetahui cost driver di setiap aktivitas operasional dapat membantu perusahaan untuk menganalisis setiap rekomendasi untuk menambah nilai. Rekomendasi tersebut membantu perusahaan untuk melihat faktor-faktor yang dapat membuat perusahaan mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini juga melihat bisnis model kanvas dari AUTO.
This study aims to be able to find several activities in the value chain that can help companies achieve competitive advantage, especially in facing the Electric Vehicle (EV)'s transition era at PT Astra Otoparts, Tbk (AUTO). This research is qualitative research. Data collection methods used are interviews, observation, and documentation. The value chain analysis conducted in this study uses a method that refers to the determination of cost drivers in each of AUTO's operational activities. Knowing the cost drivers in each of its operational activities can help the company to analyze each recommendation to add value. These recommendations help the company to see the factors that can make the company achieve a competitive advantage. This study also looks at the AUTO's business model canvas.
Kata Kunci : Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif, Penggerak Biaya, Blok Bangunan Keunggulan Kompetitif, Bisnis Model Kanvas / Value Chain, Competitive Advantage, Cost Drivers, Building Blocks of Competitive Advantage, Business Model Canvas