Laporkan Masalah

Unsur Intrinsik dan Manfaat Sebagai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Karya Jo Yong

NADA ALIEFIA FAIZIN, Ummul Hasanah, S.S., M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas Akhir ini berjudul Unsur Intrinsik dan Manfaat sebagai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Karya Joyong. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui unsur intrinsik dan manfaat yang terdapat pada dongeng karya Joyong. Dalam Tugas Akhir ini, unsur intrinsik yang dibahas adalah unsur intrinsik dari tiga dongeng kreatif karya Jo Yong, yaitu dongeng Anak Lelaki yang Penuh Ketakutan, dongeng Anak Zombie, dan dongeng Mencari Jati Diri Sesungguhnya. Tugas akhir ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pengambilan data secara observasi. Penulis menganalisis kejadian, dialog, narasi, serta maksud dan isi cerita dalam dongeng yang telah ditentukan, lalu menganalisis unsur intrinsik dan manfaatnya untuk pendidikan karakter. Hasil dari penelitian ini adalah setiap karya sastra termasuk dongeng kreatif karya Joyong yang ini memiliki unsur intrinsik yang membangun, yaitu tema, cerita, plot, karakter, latar, sudut pandang, dan pesan moral. Selain itu, selain memiliki fungsi menghibur, dongeng juga memiliki fungsi untuk mendidik. Oleh karena itu, pada Tugas Akhir ini juga menganalisis manfaat yang dapat diambil untuk pendidikan karakter setelah memahami unsur intrinsik dari dongeng tersebut. Manfaat dongeng karya Joyong sebagai pendidikan karakter adalah meningkatkan daya imajinasi, menciptakan kreativitas dalam berkarya, mengasah untuk berpikir kritis, dan menanamkan sikap-sikap positif.

This Final paper entitled Intrinsic Element and Benefit as Character Education in Fairy Tales by Joyong. The purpose of writing this final paper is to find out the intrinsic elements and benefits as character education contained in fairy tales written by Joyong. In the Final Paper, the intrinsic elements discussed are from the three creative fairy tales by Joyong namely The Boy Who Fed on Nightmare, the Zombie Kid, and Finding the Real Face. This final paper uses a qualitative descriptive method, with observational data collection by analyzing events, dialogues, as well as the intent and content of the stories in the fairy tales that have been determined, and then analyzing the intrinsic elements and benefits for character education. The result of this research is that every literary work, including Joyong creative fairy tales has constructive intrinsic elements, namely Theme, Story, Plot, Character, Setting, Point of View, and Moral Message. In addition, besides having an entertaining function, fairy tales also have an educational function. Therefore, this final paper also analyzes the benefits that can be taken for character education from understanding the story of fairy tales. The benefits of fairy tales by Joyong as character education are to increase imagination power, create creativity in work, hone critical thinking, and instill positive attitudes.

Kata Kunci : unsur intrinsik, pendidikan karakter, dongeng, Joyong

  1. D3-2021-425847-abstract.pdf  
  2. D3-2021-425847-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-425847-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-425847-title.pdf