IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITALISASI EMAS STUDI PADA PT. ANTAM TBK
QORADENISA, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., CMA., Ak., CA.
2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Perkembangan dan pergerakan teknologi ke arah digital saat ini semakin pesat, perkembangan ini sering disebut juga dengan era digitalisasi. Di era digitalisasi saat ini kebutuhan akan teknologi dan hal digital seakan sudah menjadi sebuah kebutuhan primer setiap orang. Era digital telah membawa berbagai perusahaan menghadapi suatu kenyataan baru dimana digitalisasi harus dilakukan untuk menjaga sustainabilitas perusahaan. Dalam waktu yang bersamaan era digital ini dapat membawa dampak positif dan negative khususnya bagi perusahaan. PT. ANTAM Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di sector pertambangan dengan penjualan terbesar berasal dari emas. Sesuai dengan Visi dan Misi Perusahaan PT. ANTAM Tbk mencoba keberuntungannya dengan melakukan diversifikasi bisnisnya dari emas fisik menjadi digitalisasi emas BRANKAS. Digitalisasi emas merupakan salah satu inovasi yang diciptakan PT. ANTAM Tbk untuk mengembangkan bisnis retail perusahaan. Berbagai rencana perusahaan untuk mengembangkaan digitalsiasi emas telah dibuat baik rencana priorotas maupun non prioriras. Namun sayangnya perkembangan digitalisasi emas BRANKAS kurang berkembang secara maksimal. Berbagai aspek muncul menjadi salah satu hambatan yang menyebabkan digitalisasi emas BRANKAS menjadi kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi digitalisasi emas studi pada PT. ANTAM Tbk, dan untuk mengetahui aspek apa saja yang menyebabkan digitalisasi emas kurang berkemban, serta untuk mengetahui evaluasi strategi perusahaan berdasarkan dari aspirasi managemen tentang upaya yang akan dilakukan perusahaan untuk mengembangkan digitalisasi emas.
The development and movement of technology toward digital is currently accelerating; this progression is commonly referred to as the digitalization era. In this day and age of digitalization, the need for technology and digital items appears to be a primary need for everyone. The digital era has forced many businesses to confront a new reality in which digitalization is required to ensure company sustainability. At the same time, the digital era can have both positive and negative consequences, particularly for businesses. PT. ANTAM Tbk is a mining company with the majority of its sales coming from gold. In accordance with the Company's Vision and Mission, PT. ANTAM Tbk tried their luck by diversifying their business from gold bars to gold digitalization (BRANKAS). PT. ANTAM Tbk developed gold digitization as one of its innovations to expand the company's retail business. Several company plans have been developed to develop gold digitization, both priority and non-priority plans. Unfortunately, the digitalization of BRANKAS gold has not progressed optimally. Various factors appeared to be one of the impediments to the development of gold digitalization (BRANKAS). The purpose of this study is to examine the implementation of the study gold digitization strategy at PT. ANTAM Tbk, as well as to determine what factors contribute to gold digitization being underdeveloped, as well as to gain an understanding of the company's strategy based on management aspirations regarding the efforts the company will make to develop gold digitization.
Kata Kunci : Digitalisasi Emas, Implementasi Startegi, Resource Based View, VRIO, SWOT, Evaluasi Strategi Perusahaan.