STRATEGI PEMASARAN HOTEL BERBASIS HALAL DALAM PENINGKATAN TINGKAT HUNIAN KAMAR: STUDI KASUS SOFYAN INN HOTEL RANGKAYO BASA PADANG
MAIZUL HUSNI, Dr. Mohammad Yusuf, M.A.
2021 | Skripsi | S1 PARIWISATAINTISARI Kegiatan pariwisata di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Perkembangan pariwisata menjadi penggerak perubahan ekonomi dan penyumbang yang sangat penting dalam penciptaan kesempatan kerja. Tren pariwisata halal memengaruhi permintaan pasar yang menginginkan adanya penginapan yang menjamin keamanan konsumen, seperti hotel berbasis halal. Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa merupakan hotel yang menerapkan prinsip syariat dalam segala jenis produk yang ditawarkan pelayanan, dan operasional hotel. Hotel berbasis halal ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini membicarakan strategi pemasaran Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa untuk meningkatkan tingkat hunian kamar berdasarkan aspek bauran pemasaran (marketing mix) 2p, yaitu produk (product) dan bukti fisik (physical evidence) serta mengimplementasikan indikator-indikator hotel halal berdasarkan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 2 Tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui strategi pemasaran dalam peningkatan tingkat hunian kamar dan implementasi indikator-indikator hotel halal berdasarkan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 2 Tahun 2014 oleh Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi secara langsung, wawancara, dan tinjauan pustaka. Sementara itu, metode analisis data yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam aspek bauran pemasaran 2P, Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa telah mengimplementasikan produk dan pelayanannya sesuai syariat Islam. Hal ini terlihat dari kuatnya posisi produk dan pelayanan yang diberikan oleh hotel ini sebagai hotel halal di Kota Padang. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 2 Tahun 2014, walaupun hotel ini masih terdaftar sebagai hotel halal hilal 1, yaitu hotel yang belum menggunakan prinsip syariat seutuhnya, produk dan pelayanannya sudah sesuai dengan aturan hotel halal. Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa telah memenuhi semua indikator mutlak yang ada pada hotel halal, baik hilal 1 maupun hilal 2, yang menggunakan pengelolaan secara syariat.
ABSTRACT Tourism activities in Indonesia have experienced a very significant increase. The development of tourism drives of economic change and very important contributor to the creation of job opportunities. Halal tourism trends affect market demand for lodging that guarantees consumer safety, such as halal-based hotels. Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa is a hotel that applies sharia principles in all types of products offered, services, and hotel operations. This halal-based hotel is interesting to research. This study discusses about the marketing strategy of Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa to increase the room occupancy rate based on aspects of the 2P marketing mix, namely product and physical evidence as well as implementing halal hotel indicators based on the Regulation of the Minister of Tourism and Economics. Creative Number 2 of 2014. This research is a descriptive qualitative research to determine the marketing strategy in increasing the room occupancy rate and the implementation of halal hotel indicators based on the Regulation of the Minister of Tourism and Creative Economy Number 2 of 2014 by Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa Padang. Data collection methods used are direct observation, interviews, and literature review. Meanwhile, the data analysis method used is descriptive qualitative method. The results of this study indicate that in the aspect of the 2P marketing mix, Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa has implemented its products and services according to Islamic law. It could be proved through the products and services provided this hotel for it has strong position as a halal hotel in the city of Padang. In accordance with the Regulation of the Minister of Tourism and Creative Economy Number 2 of 2014, although this hotel is still registered as a halal hotel hilal 1, which means, a hotel that does not fully use the principles of sharia, its products and services are in accordance with the rules of a halal hotel. Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa has met all the absolute indicators that exist in halal hotels, both hilal 1 and hilal 2, which use sharia management.
Kata Kunci : wisata halal, hotel halal, bauran pemasaran, produk, bukti fisik