Laporkan Masalah

Analisis Hubungan Persahabatan dalam Drama 'Hi! School - Love On'

HENING LARASHATI A, Ummul Hasanah, S.S., M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas Akhir ini berjudul "Analisis Hubungan Sosial Persahabatan dalam Drama Korea Hi! School - Love On." Tujuan dari penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui faktor sosial yang memengaruhi perubahan pola hubungan permusuhan menjadi persahabatan dalam drama Hi! School - Love On, serta memberikan gambaran hubungan sosial dan konflik dalam drama Hi! School - Love On menggunakan teori dari Georg Simmel dan Lewis A. Coser. Penelitian ini menggunakan metode kualitataif deskriptif dengan cara menonton seluruh episode dalam drama Hi! School - Love On dan menganalisis episode-episode yang menggambarkan faktor sosial yang memengaruhi perubahan pola hubungan permusuhan menjadi persahabatan, serta beberapa episode yang memberi gambaran mengenai hubungan sosial dan konflik dari perspektif Simmel dan Coser dalam drama Hi! School - Love On. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor yang dapat memengaruhi perubahan pola hubungan permusuhan menjadi persahabatan, di antaranya adalah adanya kesamaan antar individu, adanya keinginan untuk saling menolong, perhatian kecil yang diberikan kepada lawan, munculnya simpati dan empati, diskusi sebagai salah satu penyelesaian konflik, rasa saling percaya, serta kejujuran dan permintaan maaf. Dalam drama ini juga terdapat interaksi-interaksi sosial yang terkandung dalam teori relasi sosial Georg Simmel dan teori konflik Lewis A. Coser. Dalam perspektif Simmel, terdapat empat bentuk hubungan dalam suatu relasi sosial yang terdiri dari subordinasi dan superordinasi, pertukaran, prostitusi, serta konflik. Pada drama Korea Hi! School - Love On, ditemukan gambaran dari dua bentuk hubungan dalam relasi sosial Simmel, yakni gambaran mengenai hubungan pertukaran yang melibatkan interaksi antar tokoh dalam drama ini, dan konflik bernilai positif yang terjadi antar para tokoh dalam drama ini, sebagaimana konflik dalam perspektif Coser.

The title of this paper is "Analysis of Friendship Social Relations in Korean Drama Hi! School - Love On." The purpose of this paper is to find out the social factors that can affect the changing the configuration of hostile relations into friendship in the drama Hi! School - Love On, as well as providing an overview of social relations and the conflict in the drama Hi! School - Love On uses the theory of Georg Simmel and Lewis A. Coser. This paper uses descriptive qualitative method by watching all episodes in the drama Hi! School - Love On, analyzing episodes that describe social factors that affect the changing pattern of hostile relationships into friendships and some episodes that describe social relations and the conflicts from the perspective of Simmel and Coser in the drama Hi! School - Love On. The results of this study indicate that there are seven factors that can affect the changing configuration of hostile relations into friendship, including the similarities between individuals, the desire to help each other, give a little attention to other person, show of sympathy and empathy, discussion as a conflict resolution, mutual trust, also honesty and apologies. In this drama there are also social interactions contained in Georg Simmel's theory of social relations and Lewis A. Coser's conflict theory. In Simmel's perspective, there are four forms of relationship in a social relationship which consists of subordination and super ordination, relationship of giving information to each other, prostitution, and conflict. On the Korean drama Hi! School - Love On, there are two configuration of relationships in Simmel's social relations theory, an overview of giving information to each other relationship that involves interactions between characters in this drama, and conflicts that occur between the characters in this drama as well as Coser's perspective.

Kata Kunci : drama Korea, Hi! School Love- On, hubungan sosial persahabatan, konflik, Lewis A. Coser

  1. D3-2021-415450-abstract.pdf  
  2. D3-2021-415450-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-415450-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-415450-title.pdf