Laporkan Masalah

Creative UKM Center pada Masterplan Kawasan Fasilitas Publik Kabupaten Brebes dengan Konsep Desain Biofilik

NISRINA AMALIA PARAMANINDYA, Dr. Ir. Arif Kusumawanto, MT, IAI, IPU

2021 | Skripsi | S1 ARSITEKTUR

Dewasa ini, masyarakat dunia tengah mengalami era globalisasi yang bersamaan dengan Revolusi Industri 4.0, sehingga terjadi perubahan fundamental pada seluruh tatanan kehidupan manusia, termasuk di bidang ekonomi. Hal ini juga turut memberikan dampak bagi bangsa Indonesia, sehingga bangsa Indonesia dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan ekonomi agar Indonesia dapat berdaya saing di tengah pasar dunia yang semakin kompetitif. Untuk menyiasati itu, Pemerintah Indonesia memiliki visi untuk mengembangkan ekonomi kreatif sebagai solusi atas permasalahan tersebut, terlebih lagi ekonomi kreatif dipandang mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Di sisi lain, Kabupaten Brebes merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang tengah memiliki masalah ekonomi: rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingginya angka kemiskinan, serta dampak Tol Pejagan-Pemalang yang menyebabkan turunnya omzet penjualan produk-produk lokal khas Kabupaten Brebes. Hal ini mendorong Pemerintah Kabupaten Brebes untuk menciptakan suatu kawasan fasilitas publik, salah satunya UKM Center yang mampu menjadi wadah para pelaku UKM di Brebes berjualan sekaligus pengembangan kualitas UKM-UKM setempat. Dengan adanya fasilitas baru ini, diharapkan akan muncul ikon baru di Kabupaten Brebes yang mampu menjadi daya tarik wisatawan. Untuk menjawab isu global maupun isu lokal di atas, dibutuhkan suatu UKM Center yang tidak hanya menjadi area berjualan baru bagi para pelaku UKM, tetapi juga harus mewadahi fungsi edukasi yang kreatif untuk mengembangkan UKM-UKM di Brebes selaku pelaku industri kreatif di tingkat kabupaten. Oleh sebab itu, dikembangkan suatu Creative UKM Center yang merupakan pengembangan dari UKM Center, menjadi sebuah creative hub bagi para pelaku UKM, pelaku bisnis skala besar, maupun masyarakat luas berkolaborasi sekaligus area ritel yang menarik bagi para wisatawan.

Nowadays, people in the world are experiencing an era of globalization which coincides with the Fourth Industrial Revolution, resulting in fundamental changes in human life, including in the economic field. This also has an impact on Indonesia, so that Indonesians are required to be more creative and innovative in carrying out strategies for economic activities. Indonesia needs to be more competitive in the midst of an increasingly competitive world market. To get around this, Indonesian Government has a vision to develop the creative economy as a solution to this problem. Moreover, the creative economy is considered has a significant contribution to economic development in Indonesia. On the other hand, Brebes is one of the districts in Central Java which is currently having economic problems: low Human Development Index (HDI), high poverty rates and the impact of the Pejagan-Pemalang Toll Road which causes a decrease in sales turnover of local products in Brebes. These encourage the Government of Brebes Regency to develop a public facilites, especially an UKM Center (SMEs center) which is able to become a forum for SMEs in Brebes to sell as well as develop the quality of local SME entrprises. With this new facility, it is hoped that a new icon will appear in Brebes which can attract more tourists. To answer the global and local issues above, an UKM Center is needed that is not only plays role as a new selling area for SMEs, but also as a place that accommodates a creative educational function to develop SMEs in Brebes as creative industry players at the district level. Therefore, a Creative UKM Center is needed to become a creative hub for SMEs, large-scale businesses and the wider community to collaborate as well as an attractive retail area for tourists.

Kata Kunci : Era Globalisasi, Ekonomi Kreatif, Industri Kreatif, UKM, UMKM, Creative Hub, Desain Biofilik, Globalization Era, Creative Economy, Creative Industry, SME, Creative Hub, Biophilic Design

  1. S1-2021-413457-abstract.pdf  
  2. S1-2021-413457-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-413457-tableofcontents.pdf  
  4. S1-2021-413457-title.pdf